Jasa Delivery yang pernah Eksis di Tembalang sebelum era Ojek Online



Campusnesia.co.id -- Bagi sobat pengguna sosial media twitter mungkin familiar dengan trend beberapa bulan yang lalu dengan caption "let's confuse kid nowadays" yang merujuk pada postingan hal-hal masa lampau yang mungkin banyak generasi Z dan anak-anak jaman sekarang tidak mengalaminya.

Terinspirasi dari tren tersebut saya sebagai orang yang sudah hampir 12 tahun hidup di Tembalang Semarang ingin berbagi tentang pengalaman yang serupa yang mungkin banyak dari pembaca Campusnesia dari generasi Z yang belum tahu,

Tema kita adalah Jasa Delivery yang pernah eksis di Tembalang sebelum era aplikasi Ride Sharing Gojek dan Grab menjamur seperti sekarang. 

Gojek dan Grab mulai beroperasi sekitar tahun 2015, jadi buat kamu yang datang ke Tembalang sebagai angkatan 2015 ke atas sudah pasti tidak asing dengan 2 aplikasi ini, tetapi mahasiswa yang datang ke Tembalang sebelum tahun 2015 pasti masih menikmati romantisme dengan angkot tembalang-ngesrep yang berwarna kuning.

Balik ke tema di atas, jasa delivery bukanlah barang baru setidaknya para pelaku usaha kuliner jauh lebih dulu menerapkannya sebagai bagian dari layanan untuk para customernya, bisa pesan melalui telepon dan makanan akan di antar ke tempat kita. Berikutnya jasa seperti Toko Bangunan dan Loundry juga menjadi pioner,  Akan tetapi dua contoh tersebut adalah jasa delivery internal yang tentu saja hanya melayani customer usaha tersebut, belum bisa lintas keperluan lain.

Berlatar masalah di atas, lahirnlah inisiatif membuat layanan delivery sebagai solusi kebutuhan antar jemput barang belanjaan. Apa saja Delivery yang pernah eksis di Tembalang? berikut daftarnya.

1. Carry Delivery
Dinisiasi oleh mahasiswa Undip bernama mas Sugi Uno sekitar tahun 2008 hingga 2010, bermodal sepeda motor dan HP Nokia jadul beliau membuka jasa delivery. Dimulai dari menu-menu warung makan SBC yang memang tempat beliau makan, rapat dan nongkrong hingga akhirnya juga menerima jasa pemesanan dan pengantaran menu dari warung yang lain.

Melihat peminat yang semakin banyak, beliau menambah armada dan karyawan. Uniknya antar armada dan admin saling berkomunikasi dengan Handy Talky atay HT. 

Ada satu kisah lucu suatu hari mereka pernah dimintai tolong untuk membelikan pembalut. Mungkin pembaca bertanya lucunya di mana? ya karena hari ini sudah biasa dengan layanan sejenis yang bisa beli apa saja, tapi bayangkan itu terjadi di era tahun 2008-nan seorang cowok dimintai tolong untuk membelikan pembalut di warung. he he

Sayang, hari ini usaha itu sudah tidak ada lagi, hingga artikel ini ditulis, kami belum bisa mengkonfrimasi info lebih lanjut tentang Carry Delivery yang pernah eksis di Tembalang, hanya berdasar pengalaman menjadi customernya (saat itu saya sering memesan makanan via Carry Delivery) dan cerita dari teman-teman lain.

2. Ayo Delivery
Lahir sekitar tahun 2012 hingga 2014, awalnya bernama Smart Delivery yang juga ada mini market dan Mobile Marketnya (Toko Berjalan dengan Mobil). Ownernya bernama mas Adit.

Tidak jauh berbeda dengan Carry Deliveru, Ayo Delivery juga melayani jasa pemesanan berbagai menu makanan dan minuman dari warung makan sekitar tembalang. Juga beberapa keperluan lain.




Mereka mendapat untung dengan mengenakan jasa pengiriman, tidak berbeda jauh dengan konsep Gojek dan Grab, hanya saja penentuan tarifnya belum secanggih dengan aplikasi gojek dan grab. Sayangnya sekarang juga sudah tidak eskis lagi.

3. Mr. Easy
Setelah beberapa jam kami post artikel ini ke sosial media dan grup whatsapp, seorang teman memberikan informasi tambahan selain 2 jasa delivery di atas ada lagi yang pernah eksis di kawasan Tembalang. Namanya Mr. Easy yang selain melayani pemesanan barang, makanan dan minuman juga melayani pengiriman barang (semacam Gosend) hingga pindahan kos (semacam Gobox). 



Eksis sekitar tahun 2012 dari penuturan salah satu timnya, mas Suwandi mr. Easy juga menawarkan jasa pemesanan tiket, snack dan catering hingga jasa survey skripsi hmm Gojek mah lewat ini mah. Bermodal hp Nokia jadul dengan sms dan telpon mr. Easy bisa seeksis itu. Luar biasa. Apakah sekarang masih? sayangnya sudah bubar.

4. Gojek dan Grab
Datang ke Tembalang sekitar tahun 2015, dan sobat campusnesia pasti pernah mencoba aneka layananya, dari Ojek Online hingga pemesaan makanan dan pengantaran barang.

Itu tadi sobat Campusnesia, jasa layanan delivery yang pernah eksis di tembalang semarang sebelum era ojek online, semoga bermanfaat dan siapa tahu memberi kalian secercah inspiras untuk membuat layanan serupa. Bagi kamu yang jeli, tembalang dengan puluhan ribu penghuninya adalah potensi dan peluang pasar lho. Sampai jumpa.

Penulis: Nandar

Baca Juga:


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »