Tips Strategi Pemasaran ala Campusnesia

1:09:00 PM


Campusnesia.co.id -- Dalam dunia wirausaha selain produk, pemasaran adalah kunci sebuah keberhasilan. Bahkan kalau ditanya bagi pemula baiknya dimulai dari membuat produk atau pemasaran? Jawaban saya lebih memilih pemasaran.

Produk, baik barang atau jasa harus dipsarkan dengan cara yang tepat agar terjual secara efektif. Umumnya strattegi pemasaran meliputi 4 hal yang biasa disebut 4 P meliputi Produk, Place, Price dan Promotion.

ads

1. Produk
Jelas sebelum memutuskan untuk menjual sebuah produk kita harus memastikan kualitas dari produk kita, jangan samapai membuat orang lain kecewa.

2. Place
Berkaitan dengan tempat cara sederhana carilah tempat yang banyak dilewati orang dan tentu saja sesuai dengan target pasar kita. Tapi di era serba digital ini, beberapa bisnis tak melulu harus berada di tempat strategis, yang penting Google-able atau bahkan tidak cukup di rumah karena jualanya lewat online.

Ini bisa jadi solusi bagi pemula dengan modal terbatas, seperti kita ketahui harga sewa tempat usaha di kawasan strategis pasti mahal harganya. Daripada habis untuk sewa tempat modal yang dimiliki bisa dimaksimalkan untuk promosi.

3. Price
Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam menentukan harga suatu produk, kecuali jika produk kita adalah sebuah komoditas yang harga eceran tertinggi dan terendahnya sudah diatur pemerintah.

Kunci menentukan harga jual yang pasti jangan sampai minus dan terjangkau oleh segmen market kita.

4. Promosi
Hampir tidak ada cara baku dalam menentukan cara promosi suatu produk. Kuncinya adalah membuat sebanyak mungkin orang tahu tentang produk atau jasa kita.

Semakin banyak yang tahu, semakin banyak kemungkinan yang akan membeli atau biasa disebut dengan angka konversi.

Jadi sebelum menentukan cara promosi kita hatus terlebih dahulu tahu siapa yang membutuhkan produk kita, tinggal dimana dan dengan cara apa mengakses informasi.

Di era digital kita manfaatkan aneka sosial media untuk promosi seperti instagram dan facebook.

Tapi tidak berarti pamflet dan brosur sudah tidak relevan, disesuaikan saja degan calon customer kita.

Penulis: Achmad Munandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »