Review Film The Current War, Perang Arus antara Thomas Edison, George dan Tesla

1:56:00 PM


Campusnesia.co.id - Film berlatar sejarah selalu asyik untuk dinikmati, walau sudah dipastikan kita tahu endingnya tetapi menyimak bagaimana sutradara dan aktor mengemas ceritanya bisa menjadi hiburan, pengetahuan dan nostalgia tersendiri. Terlebih saya secara pribadi penyuka hal-hal yang bersifat vintage.

Film yang akan kita review berjudul The Current War, sebuah film drama sejarah Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Alfonso Gomez-Rejon dan ditulis oleh Michael Mitnick. Film tersebut dibintangi oleh Benedict Cumberbatch, Michael Shannon, Nicholas Hoult, Tom Holland, Katherine Waterston, Simon Manyonda, dan Tuppence Middleton, dan menggambarkan persaingan antara Thomas Edison dan George Westinghouse. Martin Scorsese bertugas sebagai produser eksekutif pada film tersebut.

ads

Dalam upaya menerangi Amerika dengan listrik dan lampu bohlam Thomas Alva Edison diperankan oleh Benedict Cumberbath bersaing habis-habisan dengan George Westinghouse yang diperankan oleh Michael Shanon.

Thomas Alva Edison digambarkan dengan jelas pria dengan penemuan yang unik dan beragam, seperti bohlam berfilamen bambu yang baru berhasil menyala selama 13 jam setelah ujicoba selama 10.000 kali. Atau alat perekam suara, cikal bakal kamera dan televisi.

George sendiri digambarkan sebagai pebisnis handal, setelah sukses dengan kereta uap dan gas sebagai penerangan, ia tak mau kalah ingin terjun dalam bisnis listrik.

Seperti judulnya "Perang Arus" sepanjang film akan banyak sekali perdebatan dan instrik yang melibatkan arus, Thomas Edison menggunakan arus DC dengan alasan aman bagi manusia tetapi Costnya mahal sedangkan George menggunakan Arus AC, murah tetapi menurut edison berbahaya bagi manusia. Oh ya, yang penasaran dengan asal-usul kursi listrik untuk hukuman mati, akan terjawab di film ini dan siapa yang turut bertanggung jawab dengan kemunculannya.

Banyak easter egg dalam film ini, misal investor Thomas Edison yang bakal menjadi cikal bakal JP Morgan yang kita kenal sebagai Bank dan Investor hingga hari ini. Perusahaan George Westinghouse yang menjadi cikal bakal General Elektrik.

Ada juga penampilan Nicola Tesla, yang ternyata pernah menjadi karyawan Edison dan pindah ke perusahaan George. 

Secara keseluruhan menarik layak ditonton, hanya saja bagi saya akan lebih seru kali ya kalau penemuan-penemuan Edison dan Tesla lebih banyak ditampilkan. Skore 7,5/10.

penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »