Napak Tilas Perjalanan Hidup BJ Habibie Melalui Film

5:09:00 PM



Campusnesia.co.id -- Rabu, 11 September 2019, pukul 18.05 WIB. Indonesia berduka, ditinggal oleh salah satu bapak bangsa yang sangat berjasa dalam sejarah kita. BJ Habibie, tokoh teknokrat dengan 46 hak paten dalam bidang aeronautika berpulang diusia 83 tahun.

Selain dikenal sebagai ilmuan pesawat terbang dengan karyanya R250, BJ Habibie juga negarawan pernah menjabat sebagai menteri di era orde baru dan wakil presiden mendampingi Soeharto. Pasca reformasi dan mundurnya Soeharto, Habibie menjadi Presiden pada tahun 1998.

Jejak-jejak riwayatnya bisa kita pelajari dari sejarah, berbagai buku dan juga film. Setidaknya ada 2 film biopik yang sudah tayang dan 1 lagi dalam proses ketika artikel ini ditulis. Apa saja? Mari kita bahas.

1. Film Habibie Ainun
Di sutradari oleh Faozan Rizal, release pada tahun 2012, Habinie diperankan oleh Reza Rahardian dan Ainun diperankan olah Bunga Citra Lestari. Film ini menembus box office indonesia dengan perolehan jumlah penonton 4.583.641.

Mengisahkan perjalanan Habibie dan Ainun, mulai dari muda hingga masa-masa penting seperti peluncuran peswat N250, saat jadi wakil presiden, reformasi, dilantik menjadi presiden serta masa-masa ditinggalkan oleh istri tercintanya ibu Ainun.

2. {Rudy Habibie}
Film ke dua dengan sutradara Hanung Bramantyo, release pada tahun 2016 dengan perolehan jumlah penonton 2.012.025.

Dalam film Rudy, merujuk pada panggikan Habibie muda biopik ini memang mengisahkan bagaimana perjuangan Habibie muda saat masih kuliah di jerman. 

Masih diperankan oleh Reza Rahardian, ada bumbu love interest lain yaitu Ilona, Gadis Polandia yang cinta mati dengan hal berbau Indonesia yang merupakan cinta pertama Habibie dalam film. Ilona pulalah wanita yang membantunya berjuang dan sebelum menikahi Ainun.

3. Habibie Ainun 3
Masih dalam masa produksi, sinopsis yang beredar, Seri ketiga film Habibie dan Ainun ini menceritakan tentang kisah masa muda keduanya, namun lebih menitikberatkan pada Ainun. 

Akan tetapi, terjadi perubahan yang signifikan pada film Habibie dan Ainun 3. Pemeran Habibie digantikan oleh Jefri Nichol, sedangkan peran Ainun akan dimainkan oleh Maudy Ayunda. 

Di bangku sutradara masih Habung Bramamtyo, untuk pemeran selain Maudy Ayunda dan Jefri Nichol, aktor lainnya seperti Aghniny Haque, Rebecca Klopper, Jennifer Coppen, Kevin Ardilova, Jourdy Pranata, Arya Saloka, Eric Febrian, Teuku Ryzki, Lukman Sardi, dan Marcella Zalianty akan bermain dalam film biopik ini.

Itu tadi sobat Campusnesia, film-film biopik yang mengisahkan perjalanan hidup alm. Bapak Habibie dan almh. Ibu Ainun. Kita doakan semoga amal ibadah beliau diterima Allah SWT. 

Sudahkan kalian menonton film-film di atas? Jika belum, sambil menunggu film ke 3, buruan nonton film yang lain. 

Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »