Peran BUMDes Perlu Ditingkatkan Sebagai Lokomotif Perekonomian Lokal Desa

7:38:00 AM


Campusnesia.co.id -- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan suatu lembaga baru yang dibentuk untuk menaungi usaha-usaha yang ada di desa. Desa Kedungbanjar baru memiliki BUMDes sejak bulan Maret 2019 yang bernama BUMDes Mandiri Bersatu. Karena BUMDes ini baru berdiri sekitar beberapa bulan yang lalu, dilakukan suatu program untuk meningkatkan tata kelola BUMDes oleh mahasiswa KKN Undip Tim II Tahun 2019 (Pemalang, (2/8).

Program peningkatan tata kelola BUMDes ini dilakukan dalam bentuk kegiatan pendalaman pemahanan tentang apa itu BUMDes, tujuan dan manfaat BUMDes, jenis-jenis usaha BUMDes, penguatan struktur BUMDes, dan manajemen tata kelola BUMDes berdasarkan analisis prinsip manajemen serta pendampingan pembahasan rencana strategis bagi BUMDes Mandiri Bersatu. Program ini diikuti oleh 5 orang pengurus BUMDes termasuk Direktur BUMDes, bertempat di Balai Desa Kedungbanjar pada 2 Agustus 2019.

Program ini diharapkan dapat memberikan jendela pengetahuan dan wawasan bagi pengurus BUMDes untuk mengenali apa itu BUMDes, bagaimana mereka berperan dalam menjalankan tata kelola dan roda organisasi BUMDes untuk dapat menjalankan usaha yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Desa Kedungbanjar. BUMDes sendiri memiliki peran untuk meningkatkan roda perekonomian dan usaha bagi masyarakat desa yang dapat menjadikan warga berdaya dan produktif di bidang ekonomi.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »