Nugget Bandeng, Sabun dan Masker Melati asal Limbangan tampil dalam Ajang KKN Expo Pemalang 2019

5:13:00 PM


Campusnesia.co.id -- Rabu, 15/08/19 TIM II KKN Undip Kabupaten Pemalang melaksanakan Expo di Kecamatan Taman, Desa Penggarit, Benowo Park. Kegiatan Expo di hadiri oleh Bapak H.Junaedi, SH, MH selaku Bupati Kabupaten Pemalang dan rekan-rekannya, dan juga Rektor Undip Prof. Dr.Yos.Johan Utama,SH.,M.Hum serta  TIM II KKN yang melaksanakan KKN di wilayah Kabupaten Pemalang, salah satunya TIM II KKN Undip Desa Limbangan Kecamatan Ulujami.



“Ikan Bandeng dan Melati itu salah satu potensi di desa Limbangan sehingga TIM II KKN UNDIP 2019 memberikan inovasi untuk mengolahnya menjadi beberapa produk” ujar Ayyi, salah satu mahasiswa TIM II KKN Undip Desa Limbangan Kecamatan Ulujami. Beberapa produk unggulan yang dipamerkan pada Expo Pemalang tersebut adalah NIBAN (Nugget Ikan Bandeng), JASMINE (Sabun Melati), dan Jas Beauty (Face Mask).


Menurut Ayu dan Mercy, melati di Limbangan sangat banyak, melati yang digunakan UMKM di sana yang masih kuncup sedangkan melati yang sudah mekar dibuang begitu saja. Sehingga melati yang di buang atau tidak terpakai itu bisa digunakan untuk membuat sabun dan masker. Selain itu produk NIBBAN dibuat untuk menambahkan nilai gizi dan nilai jual ikan bandeng. 

Pembuatan sabun melati cukup mudah, hanya menambahkan minyak jelantah dan soda api pada melati yang sudah di rebus dan di blender. demikian juga dengan pembuatan masker, limbah melati dikeringkan, dihaluskan dan kemudian diberikan campuran oatmeal dan beras yang sudah dihaluskan. Sedangkan pembuatan NIBBAN dilakukan dengan menghaluskan ikan bandeng yang kemudian diberikan tepung panir. 

Pemanfaatan potensi desa tersebut diharapkan berguna untuk masyarakat desa, meningkatkan kreativitas dan jiwa wirausaha serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

sumber: Tim KKN Undip Kab. Pemalang
editor: Nandar


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »