Info Herbal: Mengenal Tanaman Jahe yang Kaya Manfaat

9:48:00 AM


Campusnesia.co.id x Infoherbal -- Jahe (Zingiber officinale) merupakan tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae. Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani Zingiberi, dari bahasa Sanskerta, singaberi yang berarti tanduk, karena bentuk rimpang jahe mirip dengan tanduk rusa. Officinale merupakan bahasa latin (officina) yang berarti digunakan dalam farmasi atau pengobatan.

Jahe dikenal dengan nama umum (Inggris) ginger atau garden ginger. Karena jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis, penanamannya hanya bisa dilakukan di daerah katulistiwa seperti Asia Tenggara, Brasil, dan Afrika. Di Indonesia sendiri, tanaman jahe relatif mudah ditemukan dan penggunaannya sudah meluas bukan hanya untuk keperluan memasak, tetapi juga untuk kesehatan, dan kecantikan. Manfaat jahe untuk wajah juga sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya di Indonesia tapi juga mancanegara.


Di Indonesia, jahe memiliki berbagai nama daerah. Sebagai contoh di Aceh jahe dikenal dengan nama halia, di Jawa Tengah jahe biasa disebut dengan jae, dan di Makassar jahe mempunyai nama daerah laia, sedangkan di Banjarmasin jahe memiliki sebutan yang berbeda yaitu tipakan dan masih banyak lagi nama daerah jahe yang lainnya. Adanya nama daerah jahe di berbagai wilayah di Indonesia tersebut menunjukkan bahwa penyebaran jahe meliputi seluruh wilayah Indonesia. 

Dari jenis, bentuk, besar rimpang warnanya, jahe dibagi atas tiga jenis, yaitu jahe putih besar, jahe putih kecil, dan jahe merah. Jahe dapat ditanam di tanah yang memiliki ketinggian 200-600 meter di atas permukaan laut dengan rata-rata curah hujan 2.500-4.000 mm/tahun. Namun, pada umumnya, jahe di Indonesia hanya ditanam di pekarangan rumah dan pemanfaatannya pun sebatas untuk konsumsi rumah tangga. Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm. Jahe sendiri di Indonesia sering digunakan sebagai jamu atau obat untuk menaikkan tingkat imunitas, seperti membantu mengatasi flu serta masuk angin.

penulis: Denni
editor: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »