Kuliah 3 SKS tentang Humor, Komedi dan Cara Membuatnya bersama Raditya Dika

10:47:00 AM


Campusnesia.co.id -- Buka Talks, acara yang mengundang orang-orang hebat untuk sharing milik Bukalapak, semacam Tedx, baru saja merilis video dengan bintang tamu Raditya Dika. Video berdurasi 16:29 menit itu membahas dengan Humor dan Komedi serta cara membuatnya. Apa saja intisari materinya, berikut Campusnesia rangkum untuk kamu yang sekedar ingin tahu atau ingin menjadi Stand Up komedian.

1. Perbedaan Humor dan Komedi
Humor Sifat dan tidak diniatkan,
Komedi: Konteksnya Industri atau jualan, diniatkan untuk membuat tawa.

2. Bisakah Komedi untuk Speak Up?
Bisa, karena akar komedi adalah kegelisahan. Semakin gelisah seorang komedian, akan menghasilkan komedi yang semakin lucu.

iklan



3. Apakah Komedi bisa di Teorikan?
Bisa, merancang orang agar tertawa bisa, dengan cara membuat formula.

Cara membuat Komedi

1. Komedi Level Basic
Intinya Ekspektasi yang dipatahkan dan ada korban di dalamnya. Membuat SETUP (membangun ekspektasi) dan membuat PUNCHLINE (mematahkan ekspektasi). 

2. Membuat Komedia dengan Story Telling
Formulanya ada 2 yaitu, Little Man Big Problem (orang-orang besar atau hebat dengan permasalahan yang kecil atau remeh-remen) atau Big Problem Little Problem (orang-orang biasa dengan permasalahan besar). 

Dan dalam dialognya juga dibuat dengan metode yang sama yaitu membangun ekspektasi atau Setup dan membuat Puncline atau mematahkan ekspektasi yang dibangun tadi.

Agak bingung? bagaimana kalau kita simak versi videonya saja, klik tombol play.


penulis: Nandar
sumber: Bukalapak




Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »