8 Kegiatan Khas Masyarakat Indonesia Saat Ramadhan

4:40:00 PM



Campusnesia.co.id -- Alhamdulillah ya sobat Ramadhan sudah separuh jalan, bagaimana puasanya? masih kuat kan? jaga pola makan ya agar badan tetap fit dan bisa merampungkan puasanya hingga lebaran nanti.


Di postingan kali ini, redaksi akan hadirkan beberapa kegiatan yang khas dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat bulan Ramadhan, apa saja? yuk simak daftarnya.



1. Megengan
Istilah jawa sebuah tradisi untuk menyambut bulan ramadhan dengan doa dan sedekah kepada tetangga terdekat biasanya berupa "berkat" nasi lengkap dengan lauk pauk atau jajanan dan buah-buahan. Ada yang perorangan ada juga yang dilakukan bersama warga sekitar Musholla dan Masjid. 

2. Ngabuburit
Istilah untuk kegiatan menunggu waktu berbuka puasa, banyak jenisnya tetapi harus tetap produktif dan positif ya.



3. Berburu Takjil
Menjelang berbuka puasa paling asyik berburu takjil, jangan heran jika di sepanjang jalan akan banyak kamu temuai pedagang dadakan yang menjajakan aneka menu berbuka atau takjil, dari yang paling mainstrem yaitu Kolak hingga menu-menu minuman kekinian, Gorengan pasti tak ketinggalan dan jajan pasar yang mengoda iman, jangan kalap ya, nanti kalau kekenyangan bisa males taraweh.

4. Main Petasan
Kalau sekarang paling hanya kembang api dengan beragam varian, jaman penulis masih kecil dulu, saat bubuk mesia / mercon masih diperbolehkan diperjual-belikan secara bebas, saat ramadhan sering membuat petasan sendiri, dari yang sederhana ditumbuk dengan batu atau yang niat banget bikin petasan beragam ukuran lengkap dengan sumbunya, syukurlah sudah dilarang karena sangat berbahaya. Hati-hati ya saat nyalain petasan sekalipun itu kembang api.



5. Bangunin Sahur
Wah tak ada yang paling seru selain membangunkan orang sahur, yang mager bisa via Toa di musholla dan masjid atau yang kelebihan semangat bisa muter desa dengan membawa peralatan musik seperti kenthongan, drum jadilah group tong tek. Ingat harus sopa ya. Sisi positifnya para pembangun sahur ini pastibangunnya lebih awal dari yang dibangunkan, jangan lupa sholat tahajjud dulu yak.

6. Wisit atau Angpau
Ini sih saat Idul Fitri tapi gak apa-apa, hal yang paling ditunggu anak-anak saat bersilaturahim ke tetangga atau saudara, yup nunggu dapat angpau atau dalam bahasa jawa Wisit. 

7. Saur On The Road
Kalau merujuk dari sejarahnya, saur on the road atau sahur di jalanan adalah sebuah kegiatan sosial yang dilakukan sekelompk orang atau komunitas yang saat sahur membagikan makanan gratis untuk mereka yang kurang beruntung, seperti gelandangan, pemulung atau pekerja-pekerja yang saat orang lain sedang menikmati sahur bersama keluarga di rumah, sudah harus di jalanan untuk bekerja,

Dalam perkembangannya, saur on the road tidak jarang identik dengan hal negatif, sperti balap liar dan bahkan tawuran, naudzubillah jangan ditiru ya guys. Bukannya dapat pahala malah dosa yang didapat.

8. Kupat dan Lontong Lebaran
Random banget ya, ha ha gak apa-apa ini biasanya saat lebaran juga, makanann paling khas dan bahkan hanya di Indonesia saat Lebaran harus ada kupat dan lontong sayur. Bagi warga kota biasanya bersamaa dengan hari raya, tapi di desa biasanya nunggu sepekan setelah idul fitri dengan nama "Bodho Kechil" bisa berarti lebaran kecil atau lebarannya anak kecil. hayo, bisa bikin ketupat gak kamu?

Itu tadi sobat Campusnesia, 8 Kegiatan yang khas dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat bulan Ramadhan. Favoritmu yang mana? share di kolom komentar ya. Sampai jumpa.

Baca Juga:

penulis: Nandar


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »