6 Contoh Target Kebaikan saat Ramadhan

6:36:00 AM



Campusnesia.co.id -- masih ingat nasehat pak ustad saat kultum sholat taraweh? bahwa apapun amal kebaikan di bulan ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya. Maka tidak heran kita dianjurkan untuk berbuat kebaikan dan menjalankan ibadah lebih banyak dan lebih semangat di bulan ramadhan.



Generasi 90an pasti ingat, saat ramadhan kita diberikan kegiatan ramadhan dari sekolah yang isinya adalah tabel sholat 5 waktu, sholat sunnah, puasa, taraweh dan yang pasti terkenang adalah antre minta tanda tangan imam taraweh he he.

Ketika dewasapun kita harus sama semangatnya dengan waktu kecil, hanya bedanya kalau dulu ada "keterpaksaan" sesekali, kali ini harus dengan penh kesadaran karena ingin mencari berkah dan ridho Allah SWT.

Membuat target kebaikan di bulan ramadhan adalah hal menarik, selain bermanfaat membuat lebih terencana kegiatan kita, juga jadi penyemangat untuk mencapai target yang kita buat sendiri, cobain deh pasti ada kebahagiaan tersendiri tatkala target itu terpenuhi. 

Nah apa saja, kebaikan apa saja yang bisa dibuat target di bulan ramadhan? kami coba beri contohnya, sebagai berikut.

1. Target Ibadah Wajib Harian
Yup, mau ramadhan atau hari-hari biasa, yang namanya ibadah wajib ya harus kita lakukan kan ya. Nah mungkin levelnya bisa dinaikin dengan membuat target tentang Sholat jamaah di masjid atau dari sisi ketepatan waktu. Intinya harus ada peningkatan gitu selama ramadhan.

2. Target Ibadah Sunnah
Contoh yang paling sederhana adalah sholat Tahajud misalnya, kalau dihari-hari biasa ada tantangan untuk bangun sebelum subuh, saat ramadhan kan pasti bangun untuk sahur nih? nah sempatkan untuk sholat tahajud guys.

3. Tilawah Al Qur'an
Kalau di hari-hari biasa mungkin tantangan untuk khatam Al Qur'an besar, ini saatnya jadikan momentum Ramadhan untuk membuat target khatam Al Qur'an, bisa dengan target 1 harii 1 juz makan dalam sebulan insyaallah sudah khatam. Rata-rata 1 juz untuk ukuran mushaf standart berisi 9 lembar bisa dibagi setelah sholat 5 waktu jadi lebih ringan. 

Bahkan ada beberapa teman kita yang targetnya lebih dari 1 kali khatam lho selama ramadhan, kamu pasti bisa, fighting!

4. Target Infaq dan Sedekah
Bagi yang sudah berpenghasilan jangan lupa untuk sedekah dan infaq, di bulan ramadhan targetnya bisa ditingkatkan dari sisi jumlah nominal misalnya.


ads



5. Target berbagi Buka Puasa 
Salah satu pahala besar saat puasa adalah memberi buka puasa orang lain, wah seru ya. Tidak harus yang berat dan mahal, bisa yang sederhana semacam takjil, ayo bikin targetnya.

6. Target Menambah Ilmu
Bisa dengan membuat target membaca buku dengan tema tertentu, bisa juga membuat target untuk menghadiri majelis ilmu atau kajian. Tenang saja pasti selama ramdhan pasti hampir setiap masjid mengadakan kajian umunya menjelang berbuka. 

Oke sobat campusnesia, demikian contoh 6 target kebaikan yang bisa jadi alternatif dan referensimu agar Ramadhan tahun ini lebih bermakna dan lebih baik dari tahun lalu. Atau kamu sudah punya target kebaikan sendiri? jangan lupa share di kolom komentar ya. Sampai jumpa.


Baca Juga:


penulis: Nandar
editor: Mumun


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »