Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Sedan, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pengenalan Diversifikasi Olahan Pangan Tahu dan Pisang

10:05:00 PM



Campusnesia.co.id -- Rembang, TIM 1 KKN Universitas Diponegoro telah melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan produk makanan nugget tahu dan nugget pisang yang bertempat di  Desa Sedan, Kecamatan Sedan, pada Selasa (5/2/2019).



Program pelatihan pembuatan nugget tahu dan nugget pisang dihadiri setidaknya 35 orang yang terdiri dari ibu rumah tangga yang termasuk dalam anggota PKH (Program Keluarga Harapan) dihadiri pula oleh perangkat Desa Sedan dan pendamping kelompok PKH. Tujuan dilaksanakannya program ini untuk meningkatkan taraf ekonomi warga dengan membuka peluang usaha baru untuk ibu rumah tangga, serta menambah nilai ekonomi pada bahan pangan menjadi lebih tinggi dan mampu disimpan lebih lama.


Kegitatan ini dipandu oleh 2 orang mahasiswa jurusan Teknologi Pangan dan Agribisnis Fakultas Pertanian dan Peternakan Univeritas Diponegoro. Pelatihan dilakukan dengan mengenalkan produk nugget tahu dan nugget pisang serta manfaat dan keunggulan produk ini yaitu mudah diolah dan bahan yang terjangkau. 




Peserta juga dijelaskan tentang resep pembuatan produk dan pemberian contoh kemasan produk yang menarik. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan antusiasme yang tinggi dari peserta, dan dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan produk jadi sebagai contoh. Ibu-ibu yang hadir merasa kegiatan ini bisa menjadi solusi bagi mereka jika suatu saat terhimpit ekonomi.

Pendamping PKH yang akrab disapa Ibu Nung mengatakan, pelatihan kewirausahaan diharapkan dapat meningkatkan kemandirian masyarakat desa sedan terutama anggota program keluarga harapan dimana PKH  yang merupakan Program Perlindungan Sosial yang sudah terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan.

sumber: Tim KKN Desa Sedan 
editor: Nandar
foto: Tim KKN Desa Sedan 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »