TIM KKN Undip Desa Menoro Gelar Pelatihan Pembuatan Pakan Fermentasi dari Jerami

8:57:00 PM



Campusnesia.co.id -- Menoro, 28 Januari 2019, Sistem peternakan masyarakat pedesaan bisa dibilang masih konvensional, hal ini dapat kita lihat dalam pemberian pakannya yang masih menggantungkan hijauan di sekitar tempat tinggal. Sistem jadi sangat tergantung dengan kondisi dan cuaca, Jika musim kemarau tiba maka produktifitasnya akan menurun. 





Muhamad Zaki Ambari bersama rekan-rekanya mahasiswa KKN TIM I UNDIP melakukan pendampingan terhadap petani di Desa Menoro, Sedan, Rembang, mengenai pembuatan pakan sapi dengan bahan baku lokal (jerami padi) menggunakan teknologi fermentasi berbantu EM-4. Kegiatan tersebut dilaksanakan di balai desa Menoro dengan peserta dari masyarakat desa terutama para peternak sapi.



Manfaat pembuatan pakan ternak dengan EM-4 sangat banyak, beberapa diantaranya sebagai berikut :

1. Pakan fermentasi EM-4 ini dapat disimpan dalam jangka lama sehingga bisa dijadikan stok pakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Tidak direpotkan lagi dalam mencari pakan sehingga biaya pekerja bisa lebih dikurangi karena sebelumnya menggunakan metode konvensional pekerja sangat disibukkan dalam mencari pakan.

3. Produktifitas peternakan lebih meningkat, karena ternak menjadi lebih cepat gemuk, biaya operasional lebih berkurang.

Zaki dan rekan-rekanya berharap setelah dilakukan pendampingan ini, masyarakat Desa Menoro dapat mengimplementasikannya.

sumber: Release TIM KKN Undip Desa Menoro, Sedan, Rembang
foto: Dokumentasi TIM KKN Undip Desa Menoro, Sedan, Rembang
editor: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »