Tim KKN Undip Adakan Pelatihan Pembibitan dan Pembagian Bibit Pohon Sengon di Desa Sigayam




Campusnesia.co.id -- Batang, KKN Tim 1 UNDIP 2019 adakan kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan pembibitan pohon sengon kepada masyarakat Desa Sigayam, Kecamatan Wonotunggal dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Februari 2019 di Balai Desa Sigayam.

Pohon sengon merupakan pohon yang sering kita temui apabila kita berkunjung ke Kecamatan Wonotunggal khususnya di Desa Sigayam. Sebagian besar masyarakat merupakan petani sengon, walaupun juga ada petani pad. Pohon sengon merupakan pohon yang bisa dipanen apabila sudah berumur minimal lima tahun.

Dalam penanaman pohon sengon, biasanya masyarakat membeli bibit untuk ditanam. Mereka belum bisa membuat bibit sendiri, padahal apabila dapat membuat bibit sendiri pengeluaran untuk pembelian bibit bisa lebih murah.

Dengan latar belakang tersebut, mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP memberikan sebuah pelatihan kepada masyarakat tentang cara membuat bibit sendiri. Dalam pelatihan ini hadir ibu Daryanti, S.ST dari PPL Kecamatan Wonotunggal sebagai pembicara yang mengajarkan masyarakat cara membuat bibit sengon yang benar. 

Masyarakat sangat antusias dalam kegiatan ini karena selain materi yang juga dilakukan praktek langsung pembuatan bibit. Tidak hanya pelatihan pembibitan sengon, Tim KKN Undip  juga memberikan 300 bibit kepada masyarakat agar bisa ditanam dilahan mereka.

sumber: Tim KKN desa Sigayam
editor: Nandar
foto: Tim KKN Undip desa Sigayam

Artikel Terkait

Previous
Next Post »