Mahasiswa KKN Undip Desa Sendang Adakan Penyuluhan Dan Pelatihan Pengolahan Sampah

7:14:00 PM



Campusnesia.co.id -- BATANG, Senin (21/1) Tim KKN Undip mengadakan penyuluhan dan pelatihan pengolahan sampah di Desa Sendang. Urgensi yang diangkat pada kegiatan ini adalah masih banyaknya masyarakat desa Sendang yang mengolah sampah dengan cara dibakar, serta kurangnya budaya daur ulang sampa. Penyuluhan ini dilaksanakan di Balai Desa Sendang yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK desa Sendang.



Acara diawali dengan penyuluhan tentang dampak dari pembakaran sampah. Asap pembakaran sampah berakibat buruk bagi kesehatan. Asap yang terhirup dapat menyebabkan masalah berupa gangguan pernapasan, serta masalah lain seperti kesehatan kulit dan mata. Tim KKN desa Sendang juga mengenalkan sistem Bank Sampah guna untuk pengelolaan serta pemusatan pembuangan sampah dan juga mengenalkan berbagai tanaman yang dapat mengurangi dampak negatif dari pembakaran sampah


Acara kedua ialah pelatihan pengolahan sampah. pada kegiatan ini Tim KKN Undip membagi sampah ke dalam dua jenis sampah, yaitu sampah an-organik dan sampah organik. Untuk jenis sampah an-organik, masyarakat diberikan pelatihan yaitu cara mengubah sampah menjadi barang-barang yang bermanfaat. Salah satunya yaitu mengubah sampah botol plastik menjadi pot bunga yang dibuat semenarik mungkin, sehingga terlihat cantik saat dipajang di rumah. 

Dan untuk sampah organik, Tim KKN undip mempraktikan bagaimana cara membuat sampah tersebut menjadi kompos. Dalam pelatihan ini ada beberapa bahan yang dibutuhkan diantaranya EM4, air, gula pasir dan sampah organik itu sendiri. Untuk tempat pembuatannya cukup menggunakan media tanah yang digali dan diberi alas berupa terpal. cara pembuatannya yaitu masukan sampah kedalam lubang yang telah disediakan, campur bahan-bahan selain sampah ke dalam sebuah ember kemudian tabur bahan bahan tersebut ke lubang tanah yang berisi sampah.

sumber: Tim KKN Desa Sendang
editor: Nandar
foto: Tim KKN Desa Sendang


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »