Mahasiswa KKN Undip Berikan Pelatihan Kerajinan dari Sampah Anorganik di Desa Wiroditan

1:03:00 PM



Campusnesia.co.id -- Wiroditan (5/2/2019), telah diselanggarakan pelatihan kerajinan dari sampah anorganik di Desa Wiroditan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan oleh mahasiswa KKN Tim I Universitas Dipenogoro bertempat di Balai Desa Wiroditan.



Kegiatan diawali dengan edukasi pengelolaan dan pengolahan sampah yang dipaparkan oleh Ibu Siti Zuroh, dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan kerajinan dari sampah anorganik dengan pemateri Ibu Anna. Ibu Anna dan Ibu Siti Zuroh merupakan penggerak bank sampah di Desa Babalan Lor.

Dalam acara ini Ibu Siti Zuroh memberikan pelatihan pembuatan tas dari sampah plastik bekas dari kemasan deterjen, pewangi, kopi, dan lain-lain. Selain itu, juga diajarkan membuat alas piring dari plastik  gelas minuman yang dilapisi dengan plastik bekas kemasan deterjen, pewangi, kopi, dan sebagainya. 



Peserta yang hadir kurang lebih 40 orang yang didominasi oleh ibu-ibu. Antusias peserta dalam melaksanakan rangkaian acara sangat tinggi sehingga banyak peserta semangat dalam membuat kerajinan berupa tas dari sampah pelastik.

Tahapan pembuatan kerajinan tas dari sampah tersebut sebagai berikut; pertama, plastik kemasan seperti deterjen, pewangi, kopi, dan lain-lain dipotong, cuci, kemudian dikeringkan. Kedua, plastik dipotong dengan ukuran 4 cm x 23 cm. Ketiga, dilipat menggunakan kertas acuan menjadi empat lipatan dengan lebar 1 cm, kertas acuan dapat dibuat dengan kertas pembungkus rokok yang satu slop. Keempat, potongan plastik yang sudah dilipat sesuai kertas acuan digosok dengan menggunakan uang logam. Kelima, plastik dilipat menjadi dua bagian. Keenam, Lipatan tersebut diikat menggunakan karet gelang. Ketujuh, bahan plastik sejumlah dibuat 200 biji atau lebih yang kemudian saling dikaitkan.

penulis: Fajrin Ainnu Zulfa
editor: Nandar
foto: Tim KKN Undip Desa Wiroditan

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »