Karaban, Sentra Kapuk Kota Pati

9:45:00 AM



Campusnesia.co.id -- Halo sobat apa kabar? tak terasa sudah tahun baru 2019 ya. Bagaimana 2018 kemarin? semoga penuh hal positif dan di tahun yang baru ini semoga banyak hal yang menjadi lebih baik lagi..amin.

Setelah kita pernah menulis tentang tempat-tempat wisata di Kota Pati, makanan khas beberapa daerah juga, kali ini redaksi punya sesuatu hal jadi salah ikon kebanggaan kota pati apa itu? yup Kapuk atau Kapok Randu yang banyak tumbuh di kota pati.



Biacara kapuk bukan hanya banyak pohon Randunya, tetapi kota pati juga terkenal sebagai salah satu kota penghasil produk olahan kapuk diantaranya bantal, Guling, kasur bahkan yang terkenal hingga luar jawa yaitu kasur Lantai atau lebih dikenal dengan kasur palembang.

Bicara produksi olahan kapuk maka kita harus menyebut sebuah desa di kecamatan Gabus yaitu Desa Karaban. Kapuk-kapuk dari dalam kota Pati dan sekitarnya bermuara di sini. Desa karaban dikenal puluhan tahun lalu sebagai sentra pengolahan kapuk, dari kapuk yang masih berkulit, hingga jadi kapuk siap guna untuk berbagai produk.



Kalau sedulur dolan ke karaban maka akan familiar hampir setiap rumah mnegerjakan produk Bantal, Guling kasur.

Selian sebagai isian produk di atas, kapuk juga banyak amnfaatnya, Kulitnya bisa sebagai kayu bakar dan arang. Bijinya sebgai bahan baku Konsentrat Pakan ternak (bungkil) dan minyak. Serta jantung atau Janggelnya bisa digiling lagi dan jadi Kapuk kualitas dua.

Nah,sudah seharusnya kita bangga dengan potensi daerah kita sobat, ada pengalaman dengan Randu, Kapuk dan Desa Karaban? share di kolom komentar ya. Sampai Jumpa.

Artikel ini telah tayang di Cahpati.id dengan judul "Karaban, Sentra Kapuk Kota Pati"
penulis: nandar
editor: Nandar
foto: http://kapukrandukaraban-pati.blogspot.co.id/

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »