Dukungan Windows 7 Akan Berakhir dalam Satu Tahun

8:30:00 AM



Campusnesia.co.id -- Cukup banyak orang yang menyukai Windows 7. Sebut saja karena kebutuhan pekerjaan, kecintaan pada sistem operasi lama, atau hanya malas saja untuk mengupgrade, tetapi nyatanya cukup banyak pengguna Windows 7 menolak untuk upgrade ke Windows 10. Tapi sayang, Microsoft akan meninggalkan windows 7 dalam satu tahun lagi. 

Ini benar, Microsoft akan secara resmi berhenti merilis pembaruan untuk Windows 7 pada 14 Januari 2020. (Secara teknis tidak lagi memperbarui versi dasar sistem operasi pada 2013; pengguna harus menginstal Windows 7 sevices pack 1 untuk mendapatkan pembaruan yang lebih baru.) Setelah rilis itu berhenti, Windows 7 akan secara resmi ditinggalkan oleh Microsoft, dan pengguna harus menggunakan sistem operasi yang dtinggalkan atau akhirnya terpaksa harus upgrade ke Windows 10.



Microsoft tidak dapat mendukung sistem operasi lama seperti Windows 7 selamanya. Perusahaan tidak hanya menawarkan sistem operasi baru, mengurangi pengeluaran untuk system operasi yang sudah tidak menjual lagi, tetapi juga mengakui bahwa merilis pembaruan ini memerlukan investasi yang tidak sedikit. Mengikuti perkembangan ancaman keamanan terbaru, pembuatan perangkat keras, dan update driver bukanlah hal yang mudah.

Oleh karena itu, Microsoft menetapkan dukungan utama untuk Windows 7 berakhir pada 2015, enam tahun setelah debutnya, dan dukungan diperpanjang selama lima tahun setelah itu. Windows 8.1 juga mendapat perlakuan yang sama, dukungan utama berakhir pada 2018 dan diperpanjang sampai 10 Januari 2023.



Tidak mengubah fakta bahwa beberapa pengguna Windows 7 tidak dapat atau tidak ingin berhenti menggunakannya. Banyak perusahaan yang lambat mengupdate perangkat mereka karena berbagai alasan, mulai dari yang memerlukan kompatibilitas tertentu hingga masalah keuangan, sehingga mereka membutuhkan dukungan system operasinya dalam waktu yang lama. Beberapa orang tidak menyukai Windows 10 karena beberapa alasan sehingga mereka tetap menggunakan Windows versi lama.

Tapi bukan berarti Windows 7 tidak dapat berfungsi lagi pada 14 Januari 2020. Sistem operasinya akan tetap berfungsi. Hanya saja akan menjadi semakin rentan terhadap ancaman keamanan, dan pada akhirnya akan membuatnya tidak compatible lagi pada perangkat keras yang lebih baru. Orang yang ingin tetap menggunakan windows 7 dapat melakukannya sampai akhirnya meraka frustasi dan mau tidak mau harus upgrade ke versi windwos yang lebih baru.

penulis: Cahyo
editor: Nandar
sumber: Tomshardware.com 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »