Batik Bakaran, Ikon Batiknya Kota Pati

9:57:00 AM



Campusnesia.co.id -- Sobat, bicara kain batik saat ini bukan lagi terkesan pakaian orang-orang tua. Sejak ada gerakan hari kamis mengenakan batik semua usia makin kece dengan mengenakan batik, yang anak-anak remaja hingga dewasa.

Membahas batik biasanya ingatan kita langsung tertju pada kota-kota yang identik dengan batik. Misalnya pekalongan, solo dan jogja. Tetapi sebagai warga Pati tahukah kamu kota kita juga punya batik yang menjadi ikon dengan cirikhasnya sendiri?



Yup kota Pati juga punya batik asli yang bernama "Batik Bakaran". Nama batik ini diambil dari asal daerahnya yaitu Bakaran sebuah daerah di kecamatan Juwana tempat para pengrajin batik yang sudah turun temurun.

Dari sumber yang penulis kumpulkan paling tidak ada 16 motif yang ada, diantaranya Gandrung, Sido Mukti, Magel Ati, Liris, Manggaran, Sido Rukun, Padas Gempal, Kedelai Kecer, Kawung, Gunung-gunungan, Bregat Ireng, Geringsing, Blebak Lung, Blebak Urang, Blebak Kopik, Limaran.



Ciri khas warna batik Bakaran klasik adalah hitam, biru tua, putih, dan coklat tua atau dalam istilah Jawa gosong. Sedangkan warna cerah menjadi pilihan motif modern. Semua motif dan corak merupakan perwujudan asli daerah yang banyak dipengaruhi budaya Kerajaan Majapahit. Batik tulis Pati juga menampilkan budaya pesisir utara Jawa.

Nah sobat, piye sangar tho batik Bakaran khas Pati kita, sudah punya belum? segera beli yang belum punya. 

artikel ini telah tayang di Cahpati.id dengan judul "Batik Bakaran, Ikon Batiknya Kota Pati"
penulis: Nandar
foto : Batik Bakaran "Wahyu"

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »