Dunia Nyata Tempatku Bersosial

10:52:00 PM



Campusnesia.co.id -- Seiring perkembangan jaman yang semakin modern menuntut masyarakat untuk siap menerima teknologi yang baru termasuk handphone yang pintar (smartphone). Kalau dulu handphone hanya sekedar untuk berkomunikasi lewat telpon dan sms sekarang dilengkapi dengan media sosial. Apa itu media sosial?. Media sosial berasal dari dua suku kata yaitu media dan sosial. Media itu alat dan sosial itu hidup bermasyarakat, bertetangga, berteman. Media sosial itu tidak hanya ada di smartphone tapi juga komputer yang semuanya terhubung di internet. Kalau anak muda bilang dunia maya tempat dia bersosial media. 


Dunia nyata tempatku bersosial karena ku lahir di dunia nyata. Bukan tidak menerima perkembangan jaman hanya saja jangan lupakan untuk bersosial di dunia nyata. Dunia nyata dan dunia maya sangatlah berbeda. Jangan samakan dunia nyata dengan dunia maya. Di dunia maya kamu tidak butuh makan, kenyataannya kamu pasti makan setiap hari. Di dunia maya kamu tidak pernah buang air, kenyataannya kamu selalu buang air setiap hari. Mungkin kamu akan buat video saat makan lalu di upload ke media sosial tapi apakah kamu juga akan membuat video saat kamu buang air?, tentu tidak kan. 

Tetaplah bersosial media di dunia maya tapi jangan lupakan untuk bersosial di dunia nyata. Tegurlah orang yang berpapasan denganmu dan berbagi senyuman dengannya, jangan sibuk dengan duniamu sendiri. Kalau jatuh dan tak bisa bangun orang di dunia nyata yang pertama kali akan menolongmu. Ada yang naik motor sambil main smartphone, okelah kalau kamu tidak peduli dengan keselamatanmu tapi cobalah peduli dengan keselamatan orang lain.


Ingat hidupmu bukan hanya sebatas didepan layar monitor atau smartphone. Emang kalau kamu mati yang gotong kamu siapa?. Pasti tetanggamu atau saudaramu yang dekat. Kalau saudara jauh kadang datangnya malah setelah kamu dikubur atau mungkin tidak bisa datang. Sesibuk apapun kamu luangkan waktu untuk bersosial di dunia nyata. Sekedar basa-basi itu sudah lebih baik daripada diam saja dan asik dengan smartphone. Ada waktu untuk bersosial media di dunia maya adapula waktu untuk bersosial di dunia nyata. Tidak semua dapat digantikan dengan internet. 

Coba lihat anak kecil sebenarnya mereka tidak butuh smartphone, mereka hanya butuh bermain. Tapi karena orangtuanya sibuk dengan dunianya sendiri jadi anaknyapun dikasih pegang smartphone. Pengaruh smartphone atau gadget sangat tidak bagus bagi anak. Mungkin ada yang bilang smartphone bisa buat anak jadi pintar, ya itu hanya sedikit lebih banyak pengaruh negatifnya. Mengurangi bukan tidak menggunakan sama sekali. Bijak bersosial media tanpa kehabisan waktu untuk bersosial di dunia nyata.

Penulis:
Mukhrisotun Khasanah
Arjowinangun
Kec. Buluspesantren
Kab. Kebumen 

-----
Artikel ini adalah kiriman peserta Lomba Menulis Gagasan 2018, yang diselenggarakan oleh Campusnesia dan Loetju.com dala rangka Hari Pahlawan, ayo kirimkan gagasanmu dan menangkan hadiahnya, info lebih lanjut klik Di Sini. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »