Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Counter Strike: Global Offensive

10:25:00 PM




Campusnesia.co.id -- Hello gaes, perkenalkan saya Mas Boy disini mau sedikit berbagi pengetahuan singkat tentang game kompetitif yang mempunyai andil besar di dunia eSport yaitu Counter Strike: Global Offensive (CS: GO). Game ini merupakan seri franchise dari Valve, game ini mempunyai sejarah yang sangat panjang di industri game. Seri pertama dari game ini dimulai dari tahun 1999, Counter Strike mulai menampakkan langkah pertamanya. Dekade awal milenium 2000 an banyak anak-anak di jaman itu sangat terhipnotis oleh game ini, sistem PvP yang waktu itu hanya bisa menggunakan LAN untuk bertarung antar team sangat digandrungi oleh anak warnet pada jamannya.

1. Sistem dan Aturan

Sistem dari game ini berkutat dalam pertempuran antara Teroris dan CT (Counter Teroris), dimana dalam sketsa pertarungan tersebut Teroris diwajibkan untuk menanam bomb dan CT untuk bisa mendefuse bomb. Aturan dari game ini terdiri dari 5 player tiap tim nya, dalam 1 match terdapat 30 round, dan tim yang bisa menyentuh angka 16 maka tim tersebut yang menjadi pemenangnya. Game ini mengenal sistem half time seperti dalam pertandingan sepakbola, dimana apabila kedua tim sudah memainkan 15 round pertamanya maka kedua tim akan bertukar posisi, dari Teroris ke Counter Teroris begitu juga sebaliknya.


2. Perkembangan

Saya mencoba mengangkat kembali game yang pernah populer di awal tahun 2000 an ini karena mengingat semakin berkembangnya dunia eSport belakangan ini, bahkan di Indonesia sudah diakui oleh menteri olahraga kita dan dimasukkan ke dalam Cabang olahraga rekreasi. Ekosistem dari CS: GO di dunia luar sana hampir tiap hari mempunyai pertandingan rutin, bahkan di tiap bulan selalu ada turnamen rutin yang hadiahnya tidak main-main, untuk memantau pergerakan CS: GO dunia coba main ke www.hltv.org di sini kita akan disuguhkan berbagai hal dalam duni CS: GO mulai dari statistik player kelas dunia, turnamen yang sedang berlangsung, live game, hingga sampai ke forumnya.
3. Perkembangan di Indonesia

Perkembangan CS: GO di Indonesia sendiri untuk sekarang ini sangat menjanjikan, bahkan player yang berasal dari negara kita sudah tembus dalam kompetisi Major dunia, kompetisi ini setara dengan piala dunia atau liga champions. Kompetisi di lokal pun juga tidak kalah seru, akan tetapi untuk kondisi infrastruktur yang ada sekarang ini masih tertinggal jauh dari tetangga kita Malaysia, meskipun sekarang banyak pihak dari swasta dan pemerintah mulai memperhatikan. Lebih baik telat daripada tidak sama sekali!

Nah dari sedikit intro saya tentang dunia eSport khusus nya dari genre game CS: GO ini saya ingin memberikan beberapa pandangan, bahwa game sekarang ini bukan hanya sekedar permainan pelepas penat, dan tidak juga sebagai perusak moral bangsa. Beberapa player di Indonesia bahkan sering mengharumkan nama bangsa ini di luar sana, namun sedikit media yang memblow up nya. eSport juga bisa diandalkan sebagai pekerjaan pokok, di Swedia bahkan ada sekolah khususnya, di Semarang UDINUS pun juga sudah membuka mata kuliah jurusan eSport. Hal ini mengindikasikan bahwa game sekarang tidak bisa dianggap remeh, industri game adalah industri yang paling besar di dunia bahkan mengalahkan industri film. Jangan takut nge-game! See u on the next.

penulis: mas Boy
subscribe channel Youtube: Mas Boy
editor: Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »