Loading...

Review Film Yowis Ben 1 Tahun 2018



Campusnesia.co.id -- Satunya-satunya film dengan bahasa jawa sejauh ini dan enarik dari sisi cerita cukup menggambarkan film besutan Youtuber Bayu Skak Yo Wis Ben. Dengan budget yang tidak begitu besar dan awalnya saya pribadi agak pesimis dengan pencapaian penontonya. Tapi fakta berkata lain. Saya nonton baru bulan lalu di aplikasi HOOQ. yuk kita ulas.


1. Film yang lahir dari Youtuber
Penulis Cerita sekaligus sutradaea Yo Wis Ben adalah Bayu Skak Youtuber dari malang dengan konten sering memakai bahasa jawa.


2. Berhasil meraih 935.622 penonton
Nyaris 1 juta, sebuah capaian luar biasa mengingat tahun ini film Raditya Dika saja hanya 800 ribuan, apalagi film Pandji he he.

Jumlah tersebut menempatkan Yowis Benada di urutan nomer 15 film paling banyak ditonton sepanjang tahun 2018.


3. Banyak Menggunakan dialog bahasa jawa
awalnya cukup jadi polemik dan dikhawatirkan tidak menarik, tetapi justru jadi ciri khas dan secara delivery cukup asyik. Bagi yang gak paha bahas ajawa tenang, ada subtitlenya. Walau beberapa pemain yang memang tidak terbiasa berbahasa jawa terdengar aneh logatnya.


4. Isi cerita positif
Bercerita perjuangan bayu skak dengan Bandnya yang bernama Yowis Ben, bayu sendiri anak sederhana yang sekolah sambil menjual pecel untuk membantu ibunya. Ada original soundtracknya yang posisitif juga berjdul "Ojo Bolos" dengan pesan tentang pentingnya Pendidikan.

Dala film ini, kalian juga disajikan perjuangan bayu dan kawan-kawan bandnya yaitu Brandon Salim sebagai Nando, Joshua Suherman sebagai Doni, Tutus Thomson sebagai Yayan, dalam meperjuangkan mimpi termasuk strategi meraihnya.


5. Komedinya Lucu
ada beberapa scene yang bisa membuat saya tertawa, walau tidak semua komedinya kena. Tetapi secara keseluruhan menurut saya lucu.


6. Ada Romantisme
ya pastilah, jangan khawatir akan ada sajian romantisme anatara bayu dan Cut Meyriska yang berperan sebagai Susan.

Bonus lagu "Ojo Bolos"



Sukses dengan film pertamanya, IP Yowis Ben kemudian dikembangkan menjadi sekuel film dan series meliputi.


Film Yowis Ben 2
Dirilis pada 14 Maret 2019, dan disutradarai oleh Fajar Nugros bersama Bayu Skak. Di film ini Bayu dan temannya lulus SMA, mereka berusaha untuk membuat grup musiknya menjadi sumber penghasilannya. mereka pergi ke Bandung untuk merintis karirnya. Di sana juga Bayu bertemu Asih.

Film Yowis Ben 2 berhasil mendapatkan 1.031.856 penonton dan masuk jajaran box office bioskop indonesia karena tembus angka 1 juta penonton ada di urutan nomer 15 film paling banyak ditonton sepanjang tahun 2019.

Usai diputus Susan (Cut Meyriska), Bayu (Bayu Skak) dihadapkan pada naiknya harga kontrakan yang membuat dia, ibunya dan Cak Jon (Arief Didu) terancam diusir. 

Untungnya Yowis Ben populer di Malang dan jadi satu-satunya harapan Bayu menyelesaikan persoalan keuangan. Celakanya masing-masing personil menyimpan masalah. Yayan (Tutus Thomson) menikah dengan Mia (Anggika Bölsterli); krisis keluarga Nando (Brandon Salim) karena ayahnya memutuskan menikah lagi; dan Doni (Joshua Suherman) berambisi punya pacar. 

Bayu memecat Cak Jon, lalu mempercayakan Yowis Ben kepada Cak Jim (Timo Scheunemann), yang mengklaim dirinya sudah membesarkan banyak artis nasional. Mereka pun hijrah ke Bandung. Tapi, kredibilitas Cak Jim mencurigakan dan Bayu juga harus meluluhkan hati bapak super galak karena dia jatuh cinta dengan Asih (Anya Geraldine), putrinya.

Cameo Gibran Rakabuming Raka, Ridwan Kamil, Joe Project P, Gading Marten, Siti Badriah, Jovial da Lopez, Andovi da Lopez dan Sadana Agung.


Yowis Ben The Series
Dirilis pada 18 September 2020, dan disutradarai oleh Fajar Nugros bersama Bayu Skak. Serial ini menceritakan kehidupan Bayu dan 3 temannya sebelum terbentuknya grup musik Yowis Ben. Sinematografer sebelumnya, Goen Rock, digantikan oleh Umar Setyadi yang juga terlibat dalam film ketiga yang rilis pada tahun 2021.


Film Yowis Ben 3
Dirilis pada 25 November 2021. Film ini kembali disutradarai oleh Fajar Nugros bersama Bayu Skak, dengan skenario yang kali ini ditulis oleh Fajar Nugros. Film ini akan menceritakan grup musik Yowis Ben yang terancam kehilangan salah satu personil dan managernya di tengah ketenaran grup musik tersebut.


Yowis Ben 3 berhasil mendapatkan 418.526 penonton menjadi film nomer 3 paling banyak ditonton setelah Makmum 2 dan Nussa, angka ini sangat fantastis mengingat tahun 2021 masih dalam suasana pandemi, jumlah penonton bioskop dibatasi dan tidak semua cinema sudah kembali buka, salut.

Film ini merupakan film ketiga dari seri film Yowis Ben yang menceritakan kisah grup musik Yowis Ben yang terancam kehilangan salah satu personel dan manajernya di tengah ketenaran grup musik tersebut. 

Yowis Ben 3 rilis di bioskop Indonesia pada 25 November 2021. Film ini dilanjutkan dengan film Yowis Ben Finale yang dirilis sebulan setelah perilisan film ini, serta menjadi penutup dari seri film Yowis Ben.

Hidup Bayu (Bayu Skak) nyaman selain karena Yowis Ben semakin tenar, Asih (Anya Geraldine), pacarnya, juga selalu mendukung Bayu dalam setiap cita-citanya. 

Bayu mulai merasa cemas dengan masa depannya ketika Nando (Brandon Salim), pemain keyboardnya memutuskan untuk kuliah musik di luar negeri, Cak Jon (Arief Didu) memutuskan meninggalkan Yowis Ben dan mengejar cintanya, Mbak Rini (Putri Ayudya) yang telah bertunangan dengan seorang Perwira, Kapten Arjuna (Denny Sumargo). 

Situasi diperparah lagi dengan kedatangan Susan (Cut Meyriska), mantan Bayu yang membuat mereka kembali dekat tanpa sepengetahuan Asih. Berhasilkah Bayu mempertahankan Yowis Ben dan mempertahankan cinta Asih, ketika diam-diam Bayu dekat kembali dengan Susan?

Cameo Abdullah Abu Bakar, H. Sutiaji dan Ganjar Pranowo.


Film Yowis Ben Finale
Dirilis pada 16 Desember 2021, film ini menjadi film terakhir dari seri film Yowis Ben. Film ini kembali disutradarai oleh Fajar Nugros bersama Bayu Skak, dengan skenario yang kali ini ditulis oleh Fajar Nugros.

Yowis Ben Finale berhasil mendapatkan  369.211 selisih 49.315 dari Yowis Ben 3, dan menempatkannya pada urutan nomer 4 di bawah Yowis Ben 3 yang dirilis hanya selang kurang lebih satu bulan, sebenarnya ini seperti part 1 dan 2 gitu ya.

Film ini merupakan lanjutan film Yowis Ben 3 yang tayang sebulan sebelumnya dan menjadi film keempat serta bagian kedua dari penutup seri film Yowis Ben.

Bayu menyakiti Cak Jon ketika sedang patah hati mengetahui mbak Rini akan menikahi kapten Arjuna. Nasib Yowis Ben di ujung tanduk. 

Nando siap berangkat ke Amerika, dan membuat Bayu, Doni dan Yayan yang segera jadi Bapak 2 anak jadi hancur harapannya. Saat keluarga Yowis Ben terpecah, Bayu juga terancam bubar dengan Asih karena kehadiran Susan.


Daftar Original sountrack lagu dalam film Yowis Ben
1. Singel
2. Mangan Pecel
3. Konco Seng Apik
4. Ojo Bolos Pelajaran
5. Gak Iso Turu
6. Lagu Galau
7. Gandolane Ati
8. Tak Ambung
9. Indonesia Berjaya
10. Kudune Siji
11. Urip Mulyo
12. Dulur Saklawase


Penulis: Nandar
Data penonton: filmindonesia.or.id

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys