Tim II KKN Undip 2018 Bersama Bupati Batang Turut Serta dalam Meresmikan Program Kampung KB di Desa Jatisari



Campusnesia.co.id -- Tim II KKN UNDIP 2018 Desa Jatisari turut serta dalam peresmian program Kampung KB Desa Jatisari, Kecamatan Subah yaitu di Dukuh Rejomulyo pada 31 Juli 2018. Peresmian ini dilakukan langsung oleh Bupati Batang yaitu Bapak Wihaji. Kehadiran Bupati ini tidak sendiri, beliau didampingi oleh istrinya dan Wakil Bupati Batang, Suyono.

Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat RW atau dusun yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematik. Kriteria utama untuk menjadi Kampung KB yaitu jumlah keluarga miskin di atas rata-rata tingkat desa dimana kampung/RW berada, dan pencapaian KB di desa tersebut sangat rendah.

Manfaat adanya Kampung KB yaitu mampu meningkatkan kualitas masyarakat, mengentaskan kemiskinan, mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Selain itu manfaatnya adalah mampu membangun masyarakat berbasih keluarga, menyejahterakan masyarakat melalui pelaksanaan integrasi program lintas sektor. Integrasi lintas sektor berupa pelayanan terpadu antar sektor (swasta, provider, stakeholder) yang menjadi kebutuhan masyarakat seperti pelayanan KB, pembuatan KTP, Posyandu, PAUD, dll.

Adapun kegiatan dari sisi ketahanan keluarga yang telah di terapkan oleh warga Desa Jatisari setiap bulan nya melalui PKK Desa Jatisari yakni sebagai berikut adanya Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia, Pusat Informasi dan Konsultasi Remaja, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluraga Sejahtera (UPPKS).

Peresmian Kampung KB ini dilanjutkan dengan peninjauan Rumah Data yang lokasinya berada di kediaman Kepala Desa Jatisari. Rumah Data ini berisi statistik data yang berkaitan dengan data kependudukan yang berkaitan dengan KB di wilayah Desa Jatisari. Kegiatan belum berakhir, Bupati lalu diarak menuju lapangan Desa Jatisari untuk memberikan sambutan. Adapun acara dilanjutkan dengan pentas seni yang berupa pembacaan puisi Kabupaten Batang Layak Anak, pertunjukan tari Gringsing Subah oleh siswa SMA N 1 Subah. 

Selain itu terdapat juga pameran produk-produk dari berbagai kecamatan yang ada di Batang. Acara ini bertambah meriah dengan adanya doorprize yang dibagikan. Diharapkan peresmian kampung KB ini dapat mengembangkan program-program Desa Jatisari dan meningkatkan kualitas dari warga Desa Jatisari.



Sumber: Release Tim II KKN UNDIP 2018 Desa Jatisari
Editor: Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »