Liputan: Asiknya Talkshow PMW 2018 BEM FK Undip

10:33:00 PM


Campusnesia.co.id -- Hai sobat Campusnesia, bagaimana weekendmu kali ini? semoga produktif ya, se-produktif penulis yang hari ini mengikuti TOKSIK Talkshow Asik tentang PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) yang diadakan oleh rekan-rekan bidang ekonomi kreatif BEM Fakultas Kedoteran Undip sabtu 24 Maret 2018.

Acara yang berlangsung sejak siang hingga sore tadi dilakkanakan di gedung B dihadiri puluhan mahasiwa dari berbagai jurusan di fakultas kedokteran dan fakultas lain. Menurut Roni ketua pelaksana acara ini diadakan sekaligus sosialiasi PMW yang sudah memasuki masa seleksi.

Sesi pertama bersama oleh pak Akung, dosen Fakultas Psikologi Undip yang juga panitia seleksi PMW tahun ini. Dalam pemaparan beliau mengawali tentang apa itu PMW dan apa tujuan program serta bagaimana proses pengajuan proposalnya. Beliau berkali-kali menekankan tentang Niat dan Kesungguhan yang harus dimiliki peserta sebelum memutuskan mengikuti program ini. Karena ada fenomena bahwa jumlah bisnis yang lahir dari PMW tidak mencapai 10% yang berhasil hingga tahun pertama. 

Menururt pak Akung hal ini sangat disayangkan mengingat tujuan yang mulia yaitu agar banyak lahir wirausahawan dari Undip serta mengurangi alumni yang pengangguran dan job seeker. Pendanaan yang besar juga jadi alasan, karena sesungguhnya banyak yang ingin mendpaatkan pendanaan yang bisa jadi lebih serius dan amanah jika diberi kesempatan.

Tips dan trik juga dibagikan oleh beliau, misalnya bisnis plan yang potensial harus memenuhi unsur unik, tetapi reaslistis untuk djalankan serta bisa engahsilkan keunungan. Karena tidak banyak yang memiliki ide bagus tetapi susah untuk dijalankan dan endapatkan keuntungan dalam periode minimal satu tahun.

Setelah sesi tanya jawab pak Akung menutup dengan sebuah kutipan yang menarik, "Bisnis plan yang baik adalah yang diuji dan dijalankan, bukan yang hanya di tulis dan dibayangkan"



Masih dipandu oleh Moderator kak Gita Kartika dari Ilmu Gizi Undip 2016. Sesi ke dua talkshow diisi oleh penerima pendanaan PMW tahun 2009 yaitu Loetju.com, kali ini diwakilkan oleh CEO nya mas Nandar. Beliau lebih banyak membagi pengalaman bagaimana agar bisnis yang lahir dari PMW bisa bertahan dan berkembang. Serta pengalaman menghadapi dan mencari solusi atas hambatan yang didapatkan.

Sesi ketiga materi dibawakan oleh Adik, mahasiswa peternakan yang tahun 2017 lalu lolos pendanaan PMW dengan kategori bisnis kuliner bernama Dellicia snack & catering. 

Menarik ya acaranya, untuk sobat campusnesia yang masih mahasiswa dan ingin megikuti seleksi PMW tahun 2018 segera kumpulkan tim dan susun proposal kalian, karena berdasar time line di Undip, sementara tanggal 6 April adalah batas waktu pengumpulan proposal.

Oke itu dulu liputan kita kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Salam prestatif.

foto: Nandar
penulis: Udin

Artikel Terkait

Previous
Next Post »