Warga Iwenisari Tembalang Menggelar Malam Tirakatan HUT RI ke 72 Tahun



Campusnesia.co.id -- Semarang 16 Agustus 2017, Ratusan warga RT 02 RW 01 Tembalang Semarang menggelar acara Malam Tirakatan menyambut Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 Tahun. Acara berlangsung selepas isya hingga malam bertempat di perempatan gang Iwenisari Tembalang.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indoneisa Raya dan Hari Merdeka secara bersama-sama dipandu oleh pembawa acara Septi dan Rahmi pemuda RT 02.



Selanjutnya adalah pembagian hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka menyambut hari kemerdekaan yang telah dilaksanakan minggu sebelumnya. Para juara dari berbagai lomba dari anak-anak hingga ibu-ibu bergantian naik ke atas panggung menerima hadiah.


Berikutnya acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia yaitu bapak Fajar dan berikutnya sambutan ketua RT 02 bapak Sodiq, Dalam sambutanya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh warga yang telah berpartisiapsi dalam rangakaian acara 17 an mulai dari kerja bhakti, aneka lomba, jalan sehat dan puncaknya malam tirakatan ini. Beliau juga mengajak melalui momentum peringatan hari kemerdekaan ini bisa mengimplementasikan tema besar yaitu bekerja bersama-sama dalam hal sosial kemasyarakatan.


Salah satu acara yang dinanti yaitu Do'a dan pemotongan tumpeng, Do'a dipimpin oleh Bapak Nur Azis. Tumpeng sebagai seremonial ucapan syukur atas kemerdekaan yang telah diraih dan pemberian tumpeng dari ketua RT kepada perwakilan tokoh pemuda mas Andre sebagai simbol estafet kepemimpinan dan tanggung jawab mengisi kemerdekaan.



Yang tidak kalah menarik selain tumpeng dengan bendera merah putih yaitu salah satu lauknya berupa ikan Bethik, ikan yang diambil dari kali Gambir di daerah Tembalang.

Nampak hadir pula ibu Lurah Tembalang ibu Sri Sukanti, dalam sambutan singkatnya beliau mengajak agar generasi muda mengisi kemederkaan dengan prestasi dan hal positif serta mengingatkan agenda-agenda kelurahan dan kota semarang, misalnya terkait pembayaran PBB dan bulan PMI.



Sembari menikmati tumpeng dan ikan bethik acara juga diisi dengan pemaparan sejarah dan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia oleh tokoh-tokoh masyarakat diantaranya bapak Pratoyo.

Hiburan berupa organ tunggal menemani warga hingga acara usai, secara keseluruhan malam tirakatan menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia warga iwenisari RT 02  RW 01 Tembalang berjalan meriah dan hikmat di tengah cuaca malam kota Semarang  yang cerah.

Penulis: Nandar
Foto    : Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »