Tips Mengalokasikan THR ala Campusnesia

10:18:00 PM

Campusnesia.co.id -- Sobat Campusnesia, selain mudik dan kue, lebaran juga identik dengan THR yaitu Tunjungan Hari Raya biasanya diberikan kepada karyawan atau pegawai dari perusahaan atau instansi tempat berkarya.

Besaran THR menurut aturan pemerintah adalah sebesar satu kali gaji bulanan. Tapi bagi kalian yang mungkin bekerja di perusahaan atau startUp ya disesuaikan dengan kemampuan perusahaan saja. Menurut penulis diberi saja sudah alhamdulillah apalagi hingga sebesar satu kali gaji bulanan.

Nah, bagaimana baiknya mengalokasikan THR yang diterima setahun sekali ini? karena harus digunakan dengan bijak agar lebih bermanfaat. Artikel kali ini secara spesifik kami tujukan untuk mahasiswa yang kerja paruh waktu dan fresh graduate yang baru masuk kerja sesuai segmentasi pembaca campusnesia. Tetapi boleh juga untuk semua kalangan sebagai bahan pertimbangan dalam mengalokasikan uang THR.

Apa saja tipsnya? yuk simak

1. Zakat, Infaq dan Sedekah
THR masuk kategori penghasilan juga, maka secara prinsip apabila sudah memenuhi nisab maka wajib dizakati. Merujuk pada aplikasi penghitung zakat penghasilan di situs KalkulatorZakat.com nisab zakat penghasilan adalah Rp 5.220.000, apabila THR sobat campusnesia sebesar itu atau lebih maka wajib dikeluarkan zakatnya 2,5%. 

Apabila kurang dari nisab? agar uang THR lebih berkah bisa dilakukan sedekah atau infaq.

2. Bayar Hutang
Hayo sobat Campusnesia, yang masih punya hutang entah dengan keluarga atau teman mumpung dapat THR pastikan diprioritaskan untuk membayar hutang atau paling tidak mencicilnya.

3. Mudik
Untuk sobat yang berkarya di daerah lain,jangan lupa sisihkan uang THR untuk biaya mudik. Baik menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Pastikan mudik dengan persiapan dan kondisi prima.

4. Orang Tua
Kapan lagi dapat rejeki tambahan di luar gaji utama, pastikan menyisihkan untuk orang tua. Tidak memlulu harus diberikan dalam bentuk cash, sobat bisa berikan dalam bentuk baju lebaran baru misalnya. Dan walau belum tentu orang tua berkenan menerima tetapi paling tidak sobat sudah menunjukan niat tulus sebagai seorang anak.

5. Makanan Lebaran
Agar suasana lebaran tambah meriah ketika ponakan dan sanak saudara berkunjung, sisihkan uang THR untuk membeli kue lebaran agar semakin banyak pilihan di meja tamu.

6. Ponakan dan Saudara
Istilah jawanya wisit atau angpau, aplop berisi uang saku. siapkan untuk ponakan-ponakan yang berkunjung agar. Uang THR akan sangat membantu untuk alokasi ini.

7. Tabungan
Kalau sudah sekian banyak pos alokasi dan masih tersisa, jangan dihambur-hamburkan untuk sesuatu yang kurang bermanfaat. Ditabung saja untuk keperluan di masa mendatang. Yang masih singgle bisa nih untuk tabungan nikah..ups.

Demikian sobat Campusnesia, artikel tentang  Tips Mengalokasikan THR ala Campusnesia. Kalau sobat dapat THR untuk alokasi apa saja? share di kolom komentar ya, sampai jumpa salam prestatif.

Penulis : Nandar
Foto     : Liputan6.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »