Mahasiswa Undip Ciptakan Keripik Singkong Aneka Rasa Sebagai Sarana Pemberdayaan Masyarakat


Campusnesia.co.id -- Grobogan - Bersama warga Dusun Mrico Desa Lebak Grobogan, Tiga Mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro melakukan sebuah kegiatan pengabdian masyarakat dengan nama program “Peningkatan Penghasilan Ibu Rumah Tangga di Dusun Mrico Desa Lebak Melalui Usaha Keripik Singkong”. 




Salah satu rangkaian kegiatanya pada tanggal 8 April 2017 telah dilakukan pendampingan dan pelatihan pembuatan keripik singkong dengan aneka olahan rasa. Keripik ini berpotensi cukup baik bagi masyarakat sekitar, karena mampu meningkatkan perekonomian warga setempat serta memberikan softskills bagi Ibu-Ibu yang sebagian besar hanya bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga. Kelompok PKM ini berharap dari adanya program tersebut yaitu menjadikannya keripik singkong sebagai program unggulan yang ada di desa Lebak



Program ini diketuai oleh Abdul Rohman beranggotakan  Putri Nur Anggraini dan Satrio Yudho Widiantoro dengan dosen pembimbing Dr. Heni Rizqiati, S. Pt., Msi, sejak bulan  Maret lalu melakukan kegiatan pengabdian di Dusun Mrico. Antusias warga untuk melakukan program sangat tinggi ditambah dukungan kepala Desa Lebak dalam menyiapkan alat dan bahan kegaiatan juga sangat baik. 



Bapak H. Kasman selaku kepala desa Lebak dan bapak Suharto kepala dusun Mrico mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro ini. Faktor yang mendukung kegiatan PKMM ini berjalan dengan baik dan lancar adalah kerjasama Tim PKMM, melimpahnya potensi sumberdaya bahan baku, dukungan dari warga dan perangkat desa, serta penyediaan alat dan bahan yang mudah.



Melalui rilis yang diterima redaksi Campusnesia, Abdul ketua PKMM berharap Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat mampu memberdayakan potensi masyarakat setempat sehingga meningkatkan pendapatan perekonomian dan kesejahteraan warga. "Kami berharap inovasi ini mampu meningkatkan penhasilan pendapatan warga, selain itu juga mengubah pandangan masyarakat kalau singkong memiliki nilai jual yang tinggi jika dilakukan pengolahan misalnya jadi keripik singkong."

Editor   : Nandar
Sumber: Rilis Tim PKM-M
Foto     : Dokumentasi Pribadi Tim PKM-M

Artikel Terkait

Previous
Next Post »