Mahasiswa FH Undip Penuh Prestasi dan Talenta itu Bernama Istata

2:04:00 PM

Halo sobat campusnesia, ketemu lagi dengan redaksi, setelah sekian lama kolom wawancara dengan sosok inspiratif tidak ada, terakhir adalah wawancara dengan mbak Nurbaiti dari lampung artikelnya bisa dibaca di sini . kali ini akan hadir lagi dengan sosok yang tidak kalah inspiratif.

Yuk simak wawancara campusnesia dengan pemuda bernama lengkap  Istata Luqman Adhicahyono, lahir di Magelang 22 tahun silam yang masih tercatat sebagai mahasiswa fakultas Hukum Universitas Diponegoro semarang angktan 2013.

Kak Istata sapaan akrab pemuda yang hobi olehraga basket ini memiliki visi menjadi mahasiswa Complete, buat sobat campusnesia yang belum tahu Complete adalah visi yang dicanangkan oleh undip untuk lulusanya yang artinya Communicator ( mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis) Professional (bekerja sesuai dengan prinsip, pengembangan berdasar prestasi dan menjujunjung tinggi kode eti), Leader (adaptif, tanggap terhadap lingkungan, proaktif, motivator, kerjasama) Entrepreneur (etos kerja tinggi, ketrampilan berwirausaha, inovatif, kemandirian) Thinker (berfikir kritis, belajar sepanjang hayat, peneliti) Educator (mampu menjadi agen of change).

yuk kita simak wawancara eksklusifnya,

Q: halo kak istata, kami sering melihat kegiatan yang pembicaranya kak istata, sepertinya aktif selalu dalam berbagai organisasi. Boleh sharing pernah aktif di organisasi apa saja dan sebagai apa?

A: Wahh kalau organisasi, Cukup banyak ya selama awal kuliah sampe hampir selesai ini..Ranahnya juga macam-macam. Dari organisasi penelitian, seperti Kelompok Studi Hukum Islam (KSHI), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) baik fakultas maupun Universitas,  Rohis, Insani maskam dan kammus FH, Sampai organisasi pergerakan KAMMI.

Q: Apa alasan dan tujuan kak Istata mengikuti begitu banyak organisasi?

A: Intinya sih, organisasi tempat untuk belajar, upgrade diri, dan aktualisasi jiwa kepemimpinan. Karena dulu jaman sebelum kuliah, gak pernah ikut organisasi. Cuman jadi pemain basket dan iseng naik gunung.

Q: Wah menarik-menarik, kemarin juga baru dapat amanah baru di FIM Semarang ya kak?

A: Iya, kebetulan alumni FIM juga, angkatan ke 18. Dipercaya temen-temen buat bantu-bantu di FIM Semarang (untuk yang belum tahu, FIM adalah Forum Indonesia Muda)

Q: Oh ya kak boleh di ceritain tentang pengalaman ke luar ngeri beberapa waktu lalu?

A: Namanya acaranya dulu Youtex ( Youth Excursion ) sekarang sudah ganti jadi Leaderpreneur Summit. Cerita dulu iseng daftar itu acara, karena diajakin temen buat ikut. Walaupun, sebenarnya memang ada targetan tahun 2016 beragkat ke Jepang, Mumpung tawarannya pas, jadi ambil saja. 

Hehe. Nah waktu proses seleksi, ada seleksi berkas dulu, setelah itu pengumuman tahap selanjutnya. Singkat cerita, terpilih jadi peserta, tinggal urus syarat administrasi keberangkatan, seperi paspor dan visa.

Q: Luar biasa, dari undip berapa orang kak yang lolos?

A: Ada beberapa, cuman yang berhasil berangkat sendirian. Temen yang ngajak gak jadi berangkat, mengundurkan diri karena berbagai alasan Hehe.

Q: Wah sayang sekali , Oh ya dapat penghargaan juga ya kak? Bagaimana kisahnya?

A:  Iya alhamdulilah dapat Award disana, karena partisipasinya. Jadi penilaiannya dilihat dari keaktifan dan kepemimpinan selama pelatihan dan simposium disana. As best leadership and 1st winner best delegate's.

Q: Berikutnya kami mau bertanya kak, kalau dibidang aakdemis boleh dibagi prestasi yang pernah diraih untuk pembaca?

A: Ohh..Pernah 
Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Piala Bergilir Mahkamah Agung RI
Juara 1 Lomba Diponegoro Entrepreneur Festival 
Juara 3 Desain Cover Jurnal International
Juara 1 Lomba Adzan FH Undip
Juara 1 Delegasi Terbaik Youtex Japan
Finalis karya tulis ilmiah CL Fest Universitas Brawijaya
Finalis Karya Tulis Ilmiah PHN UNS
Terakhir jadi Mawapres 2 FH Undip 



Oh ya jadi ambassador juga kak.Ambassador inspiring Undip dari DAS, Ambassador campus Undip for Kitabisa.com dan Ambassador dari Youtex

Q: WOW banget! Terkait Complete diawal kak, tentang communicator-profesional-leader-thinker & educator sudah terbukti lah ya, kalau tentang entreprenuership bisa dibagi kak pengalamanya sudah punya usaha atau sudah merintis ke sana? dan seperti apa kak istata memaknai kata entrepreneurship dalam Complete ini?

A: Kalau dari maknanya sih, nantinya mahasiswa undip menjadi job maker, bukan lagi sekedar menjadi job seeker kak. Nah kalau diranah ini masih merintis dengan ikut dan join dengan orang lain.

Seperti di ranah tiketing dan sewa mobil di mudahtravel.co.id sama ikut ngembangin di produklokal.online kak. Lebih ke online sih kak, yang mobile, sekiranya bisa diurus bersama aktifitas akademik dan organisasi

Q: Tidak mudah sebagai mahasiswa harus menyeimbangkan semua aktivitas di atas, agar bisa aktif organisasi dan berpretasi di akademik. boleh minta tipsnya kak untuk para pembaca agar bisa tetap bagus kedua-duanya bahkan ketiga-tiganya termasuk aktifitas entreprenurshipnya :)

A: Dulu juga gak percaya kak bakal bisa melewati semua ini,
Niat dan semangat mesti kudu dijaga. Hubungan horizontal antar sesama untuk saling menyemangati dan mendukung disertai hubungan vertikal kepada Sang Pemberi Kehidupan harus senantiasa dijaga.

Pada dasarnya hidup itu terus berjalan, kita mau diam atau malas-malasan saja kehidupan tetap terus berlalu. Nggak bakal nunggu kita semangat dulu, ngga peduli, jadi sayang banget kalau hidupnya cuman buat kesenangan sesaat.

Q: pertanyaan terakhir untuk kak istata, kadang sebagian mahasiswa maunya hanya fokus di akdemik, organiasi atau entrepreneur saja, terkait juga visi undip tentang lulusanya yang harus Complete, menurut kakak mengapa harus demikian, maksudnya mengapa mahasiswa undip harus jadi mahaaiswa complete?

A: Simplenya itu rumus untuk menjalani kehidupan nyata kedepan. Mau gak mau kita harus bisa lebih terampil dan siap menghadapi kehidupan pasca kampus, Bekal hardskill dan softskill.harus dipadukan,  Tentunyaa Undip pasti pengen dong lulusan dari kampus kota atlas ini jadi bibit unggul untuk menjadi agent of change pembangunan negeri Indonesia kedepan :))

baik kak, kami rasa cukup untuk diskusi dan sharing kali ini, terimaksih sekali waktunya, semoga bermanfaat.

Demikian sobat Campusnesia, wawancara kita dengan sosok inspiratif kali ini, nantikan wawancara selanjutnya. jangan lupa tinggalkan komenmu di bawah ya. sampai jumpa.

Penulis: Nandar
Editor   : Baha
Foto     : Dokumentasi Pribadi Istata





Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor