Mobil Listrik Polines Juara 2 Kategori Uji Kecepatan KMLI 2016

3:12:00 PM

Mobil listrik rancangan mahasiswa jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang (Polines) berhasil meraih predikat juara ke-2 dalam kategori uji kecepatan dalam ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) VIII 2016 yang berlangsung (18 – 20/11) di kampus Politeknik Negeri Bandung (Polban), Bandung, Jawa Barat.

Mobil yang dinamakan PML-4 Evolution hasil rancangan tim Green Peanut yang terdiri atas Muhammad Ridhwan, Muhammad Nur Faiz, Ahmad Sultonul Albar dan Ah Yani. Salah satu anggota Green Peanut, Muhammad Ridhwan mengatakan, mobil listrik ini dirancang selama empat bulan dengan bimbingan dua dosen yakni Carli,ST, MT dan Margana, ST, M.Eng.

"Persaingan cukup ketat. Semua tim yang ikut serta menampilkan mobil listrik yang inovatif. Syukur dengan kerja keras kami berhasil meraih juara untuk kategori uji kecepatan," kata Muhammad Ridhwan dalam upacara penyambutan di Kampus Polines, Tembalang, Selasa (22/11).

Muhammad Ridhwan menjelaskan, dalam kompetisi tersebut setiap mobil dinilai unsur waktu tempuh, efisiensi energi, daya tanjak, percepatan/akselerasi dan pengereman/deselerasi. "Kami berhasil menjadi juara ke-2 dalam kategori uji kecepatan," ungkapnya.

Salah satu dosen pembimbing Margana, ST, M.Eng menyatakan, kemampuan rancang bangun anak didiknya sudah bagus dan memenuhi kriteria."Meski hasil ini belum sesuai dengan target yang diharapkan, namun sejak awal dibangun mobil ini memang diproyeksikan dalam hal kecepatan. Lewat kerja keras seluruh tim mobil ini sesuai dengan rencana awal," tuturnya. Tahun depan, lanjutnya, dengan adanya regulasi slalom test maka tim Polines akam membuat mobil lebih ramping dan pendek serta lebih nyaman dikendarai.

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Polines, Poniman, SE, MSi menambahkan, prestasi yang ditorehkan merupakan kebanggan bagi pihaknya. "Hasil kerja keras dan kekompakan tim telah menorehkan prestasi yang membanggakan," ujarnya. Kedepan, lanjut Poniman, agar kreatifitas pengembangan mobil listrik terus dilakukan.

Ket. Foto :
Tim Green Peanut Polines foto bersama dengan Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Polines, Poniman, SE, MSi dan dosen pembimbing usai lomba Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) VIII 2016) di kampus Politeknik Negeri Bandung (Polban), Bandung, Jawa Barat, (18 – 20/11).


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor