sponsor

Demo 121 Bela Rakyat di Semarang

7:32:00 PM


Semarang - Hari ini 12 Januari 2017 Demo dengan nama aksi 121 bela rakyat terjadi di beberapa daerah di Indonesia, mulai dari depan instana negara jakarta dengan total 19 daerah lainya dikutip dari laman twitter BEM Seluruh Indonesia @Bem_indonesia inisiator aksi.

Tak terkecuali BEM Seluruh Indonesia di Semarang turut ambil bagian dalam aksi hari ini , yang dilaksanakan siang tadi di depan gedung Gubernur Jawa Tengah.

Aksi di ikuti ratusan mahaiswa dari berbagai universitas diantaranya Bem Undip, Bem Unnes, Bem Polines dan Unissula.

Dalam rilis yang di terima redaksi Campusnesia malam ini, peserta aksi merespon keresahan masyarakat akibat kebijakan awal tahun pemerintah jokowi dengan judul "Hadiah tahun baru dari Istana". kebijakan terkait 3 hal yaitu;  Penghapusan Subsidi dan Kenaikan Tarif Dasar Listrik, Kenaikan Harga BBM & Kenaikan tarif administrasi Surat Kendaraan Bermotor yang semakin membebani rakyat kecil.

Selanjutnya masa juga menyampaikan sikapnya kepada pemerintah yang terangkum dalam 4 poin, diantaranya:

1. Menolak dengan tegas penghapusan subsidi dan kenaikan tarif dasar listrik untuk rumah tangga golongan 900VA yang berimbas pada tingginya tarif listrik yang harus dibayarkan.

2. Menolak dengan keras terhadap pemberlakuan PP No. 60 Tahun 2016 mengenai kenaikan tarif dasar administrasi kendaraan bermotor dikarenakan pemerintah tidak memiliki alasan yang kuat dan terkesan saling melemparkan bola panas terhadap aktor kenaikan tarif administrasi kendaraan bermotor.

3. Menolak kenaikan BBM karena bertentangan dengan Perpres No 191 Pasal 14 tahun 2014 yang berisi bahwa Harga Dasar dan Harga Eceran BBM (dalam hal ini meliputi BBM Tertentu, BBM Khusus Penugasan, dan BBM Umum/Non Subsidi) ditetapkan oleh Menteri ESDM dan tidak sesuai dengan program pengalihan penggunaan dari BBM bersubsidi ke non-subsidi yang digalakkan pemerintah. Serta Mendesak pemerintah untuk mengoptimalkan eksploitasi dalam sektor migas agar kebijakan kenaikan harga BBM tidak lagi menjadi senjata pamungkas dengan cara menindak tegas mafia migas yang berada di baliknya sebagai penghambat.

4. Menuntut pemerintah untuk lebih giat dan aktif dalam melakukan sosialisasi kebijakan kenaikan tarif-tarif yang diputuskan, hal ini dalam mencegah terjadinya shock terapy bagi masyarakat Indonesia.






Penulis: Achmad Munandar
Foto: Dokumentasi Pribadi (Ela)





Artikel Terkait

Previous
Next Post »