sponsor

UNDIP KUKUHKAN PROF.LUTHFI JAUHARI SEBAGAI GURU BESAR FPP

3:43:00 PM

Universitas Diponegoro mengukuhkan Prof.Luthfi Jauhari Mahfudz sebagai guru besar Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Undip, Selasa (29/11) di Gedung

Prof.Soedarto,SH. Tembalang. Prof. Luthfi sendiri memberikan sumbangsih pemikirannya pada pemanfaatan limbah industri sebagai alternatif kebutuhan pakan unggas di dalam negeri.

“Industri perunggasan di Indonesia menyumbang 65% kebutuhan daging dan 90% kebutuhan telur secara nasional. Karena bahan pakan 80% masih impor sehingga harganya menjadi mahal dan ketergantungan dengan pihak luar negeri sangat besar. Ini yang menjadikan industri perunggasan di Indonesia kurang memiliki daya saing bisnis secara global dan tidak efisien. Berdasarkan keadaan ini, saya mencoba melakukan terobosan dengan meneliti limbah untuk bahan pakan unggas yang murah, memiliki nutrisi berimbang dan fungsional,” Ujar Prof.Luthfi.

Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama mengatakan bahwa  masalah ketersediaan dan ketahanan pangan merupakan masalah kita bersama, karena pada akhirnya manusia harus memenuhi kebutuhannya yang paling mendasar yakni ketersediaan pangan untuk menyambung hidupnya. Salah satu hal untuk menjaga ketersediaan dan ketahanan di bidang pangan tersebut adalah ketersediaan pakan untuk hewan ternak unggas.

“Walaupun Indonesia dikenal sebagai negara yang subur dengan segala keanekaragaman hayati, namun patut disadari perlunya mencari alternatif lain untuk menjaga ketersediaan pakan hewan unggas, Prof. Luthfi sebagai bagian dari komunitas akademik di bidang perunggasan secara cerdik mengembangkan inovasi pakan unggas yang mudah diterapkan di masyarakat.” (Rintu/HUMAS)

sumber; http://www.undip.ac.id/?p=4079&lang=id

Artikel Terkait

Previous
Next Post »