Mahasiswa Undip Bangun Taman Laut di Karimunjawa




Mahasiswa Undip yang tergabung dalam Unit Kegiatan Selam 387 Universitas Diponegoro (UKSA-387 UNDIP) yang bergerak di bidang konservasi dan pariwisata  membangun Taman Bawah Laut terealisasi melalui kegiatan CONSERVATION 2016 di Perairan Mrican, Karimunjawa, 12-16 Agustus 2016


CONSERVATION 2016 bertemakan “Resilience, Replant, and Recreation” mengacu pada tujuan kegiatan, yaitu membangun taman bawah laut buatan (artifisial) sebagai sarana rekreasi atau dive spot serta media pertumbuhan terumbu karang yang lestari dan berkelanjutan sehingga mampu mengurangi beban terumbu karang alami


Taman Bawah Laut seluas 10 m2 didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai taman sesungguhnya yang memiliki gapura, tugu, dan lain-lain. Hiasan taman pun diadaptasi yaitu mengganti tumbuhan dan bunga dengan karang-karang hasil transplantasi anggota UKSA-387 UNDIP, sehingga tidak hanya menarik untuk tujuan penyelaman, tapi juga melestarikan ekosistem terumbu karang.


Tidak hanya pembangunan Taman Bawah Laut, UKSA-387 UNDIP bersama klub selam REDFISH dari Perikanan UNDIP, juga membagikan 600 life jacket bagi para pengguna kapal motor wisata di Kepulauan Karimunjawa yang dihadiri oleh Camat Karimunjawa, Bapak Muhammad Taksinul Khuluq. Beliau mengatakan bahwa Karimunjawa merupakan tujuan wisata unggulan yang dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Selain kebersihan dan kelestarian lingkungan, penting bagi masyarakat dan turis untuk memperhatikan keselamatan, itulah mengapa tiap kapal motor wisata wajib menyediakan baju pelampung atau life jacket.


Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk partisipasi mahasiswa di bidang pengabdian masyarakat, didukung oleh Indonesia Eximbank, PT Pura Barutama, dan tak lupa Balai Taman Nasional Karimunjawa yang telah membantu sejak proses perencanaan lokasi Taman Bawah Laut hingga akhirnya terlaksana. Besar harapan bahwa kegiatan ini tidak hanya melestarikan lingkungan, tapi juga mampu menginspirasi dan mewujudkan ekowisata bahari yang kreatif. Amelia (U-XXII)


sumber: http://www.undip.ac.id/?p=3501&lang=id

Artikel Terkait

Previous
Next Post »