Wali Kota Bandung Bangun Masjid Berbasis Rumus Matematika

5:39:00 PM

Masjid akan dibangun di atas danau di Gedebage, Bandung Timur.

VIVA.co.id - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, sudah mendesain masjid terbesar di atas danau. Rencananya, masjid tersebut akan dibangun berdasarkan rumus matematika.

"Kenapa dengan menggunakan rumus matematika? Sebagai simbol kejayaan Islam karena Islam dikenal dengan kehebatan matematikanya," ujar Ridwan Kamil, di Bandung, Rabu 13 Januari 2016.

Menurut pria yang akrab dipanggil Emil, bangunan masjid tersebut tidak akan menggunakan kubah. Sebagai gantinya, akan ada empat pilar yang muncul dari dalam air. Selain itu, desain interiornya akan dibuat sesuai dengan ciri khas Jawa Barat.

Masjid bertema permata dan matematika tersebut, akan dibangun di atas danau buatan seluas 10 hektare berlokasi di Gedebage, Bandung Timur.

"Danau itu nantinya punya tiga fungsi, sebagai antisipasi banjir, cadangan air minum, dan fungsi sosial," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, menjelaskan proyek pembangunan masjid sudah sampai pada tahap pembebasan lahan. Menurutnya, dari kebutuhan 10 hektare, Pemprov Jabar sudah membebaskan lima hektare.

"Tahun ini konstruksinya sudah bisa dikerjakan. Untuk danau juga untuk masjid. Target selesai, Desember 2016, hanya konstruksinya saja ya," katanya.

Iwa mengatakan Pemprov Jawa Barat sudah mengeluarkan anggaran lebih dari Rp200 miliar. Dana tersebut digunakan untuk pembebasan lahan dan membangun konstruksi.

"Tahun 2015, anggaran untuk pembebasan lahan mencapai Rp120 miliar, tahun ini Rp70 miliar. Sementara untuk konstruksi kami menyiapkan Rp90 miliar," kata dia.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »