SISTEM KONTROLER HEMAT ENERGI BUATAN ITS

11:47:00 AM


Setelah bertahun-tahun melakukan penelitian terkait sistem suspensi, akhirnya Arif Indro Sultoni ST MT berhasil menghasilkan karya baru yang mampu menjaga kenyamanan dan handling kendaraan. Bahkan, karya ini hanya membutuhkan daya aktuasi yang kecil. Karya tersebut dipromosikan melalui sidang terbuka, Jumat (12/2).

Prototipe yang telah dirancang Arif ini mengolah energi getaran yang selama ini hanya menjadi sampah pada sistem suspensi untuk menggerakkan sistem suspensi aktif-regeneratif. Kemudian, untuk pengontrolnya pria ini menggunakan multi-objective H~.

Lewat penelitiannya ini, ia mampu menghemat daya sebesar 75 persen. "Ini jauh lebih hemat dibandingkan kontroler Proporsional-Integral (PI) yang saat ini sering digunakan," ujarnya.

Dikatakannya, rancang bangun ini merupakan awalan yang membutuhkan banyak pengembangan nantinya. "Saya juga memiliki rencana untuk memasukkan penelitian ini ke jurnal internasional," ujar lulusan Teknik Elektro ITS ini.

Namun demikian, penerapan rancang bangun ini diakui Arif akan sangat susah diterapkan di Indonesia. "Masalahnya orang Indonesia kebanyakan tidak peduli soal kenyamanan, yang penting bisa jalan dan murah," ucapnya sambil tertawa.

Para profesor yang turut menyaksikan sidang ini menyarankan untuk membawa penilitiannya ke industri otomotif karena penilitian semacam ini sangat dibutuhkan. "Intinya saya sangat ingin berkontribusi pada penelitian terkait penghematan daya pada suspensi aktif," pungkasnya. (yan/pus)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »