Cecep Arif Rahman, Guru Asal Garut: Bintang Film Laga dan Guru Silat di Mancanegara

12:54:00 PM

Kecintaan pada seni beladiri tradisional Pencak Silat membuat sosok guru sekolah yang satu ini kini dikenal sebagai aktor laga sekaligus telah ikut berjasa mengharumkan silat di luar negeri. Dialah Cecep Arif Rahman,sang pendidikan yang pernah mengajar di SDN 3 Tegalpanjang, Sucinaraja, Garut, Jawa Barat dan pada 2014 ia pindah ke SMP-IT Nurul Islam. Sang guru sekolah ini mencuat dalam film laga "The Raid: Berandal". Bagi masyarakat Pencak Silat, film "The Raid" telah menjadi media yang mempromosikan silat Indonesia di kancah internasional.

Pada 2010, ia sebenarnya pernah diajak main film "The Raid" pertama oleh Kang Yayan Ruhian. Kang Yayan Ruhian sendiri adalah pemeran "The Raid" pertama dan kedua. Pria asal Tasikmalaya, tersebut adalah pesilat dan aktor yang memulai karier sebagai pesilat lalu mulai muncul pada film "Merantau" dan "The Raid". Nah, Kang Cecep sendiri waktu itu di "The Raid" pertaman belum berani bergabung. Masalahnya waktu itu ia baru saja diangkat sebagai PNS. Namun, barulah di "The Raid 2", ia menyanggupinya.

Sosok Cecep Arief Rahman
Kang Cecep adalah lulusan Sekolah Pendidikan Guru (SPG) pada 1991. Namun, ia tidak bisa melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah karena berbagai kendala. Akibat tidak melanjutkan kuliah, ia pun menjadikan pencak silat sebagai pelampiasannya. Obsesi kuliah baru ia jalan enam tahun kemudian. Kang Cecep bisa meneruskan kuliah di Universitas Pakuan Bogor.

Kuliah di Unpak Bogor, ia mengambil Jurusan Sastra Inggris. Alasannya simpel, ia ingin menguasai bahasa lain. Dan, apa yang diambilnya tidak salah. Ia kini banyak berkeliling dunia dalam event-event silat maupun melatih orang asing di berbagai negara. Pada 2003, Kang Cecep menjadi guru honorer dan ia pun aktif menjadi guru pelajaran bahasa Inggirs sekaligus guru silat dan kadang jadi operator IT.

Pada 2010, Kang Cecep diangkat sebagai PNS. Ia lama menjadi menjadi tenaga honorer sejak 2003. Ia aktidi Pencak silat dan kerap atraksi dari satu panggung ke panggung lain di kampungya. Kebetulan di kampungnya di Garut, kalau ada acara hajatan, sang empunya hajat suka nanggap tim Kang Cecep untuk mengisi atraksi di pesta,. Dari atraksi panggung ke panggulhan, Kang Cecep mulai bertemu dengan banyak guru silat.

Mengenalkan Silat di Mancanegara
Aktivitasnya di
Pencak Silat rupanya membuat orang makin kenal dirinya. Ia mengikuti festival silat di Prancis dan disana ia pun mendapatkan banyak kenalan orang asing yang menyukai pencak silat.  Pada pertengahan tahun 2000, ia rutin mengikuti festival bela diri di Prancis. Di Bersi Festival itu, semua disiplin ilmu bela diri dari seluruh dunia diundang. Malah, Kang Cecep dan rombongannya kerap diminta tinggal di sana untuk melatih silat lebih lanjut.

Ketika festival pada 2007, ia bersama Kang Yayan diminta tinggal di Perancis selama tiga bulan. Urusan akomodasi dan segalanya ditanggung oleh pihak pengundang. Maka, di negara menara Eiffel tersebut, keduanya berkeliling kota untuk mengajar silat. Hasilnya, kini di Prancis sudah ada 15 perguruan silat yang eksis. Inilah kemudian yang juga membuka para pesilat-pesilat Indonesia untuk membantu mengajar silat di sana.

Selanjutnya pada 2012 Kang Cecep diminta mengajar di Amerika Serikat. Di sana bukan untuk ikut festival beladiri dunia. Namun, ada orang Amerika yang menikah dengan orang Garut. Rupanya, pasangan itu tahu Kang Cecep dari internet. Kemudian, istrinya yang orang Garut ini mengundang Kang Cecep ke Negeri Paman Sam. Selama sebulan, Kang Cecep tinggal di Arizona untuk mengajar silat. Waktu itu ia sudah diangkat jadi PNS. Ia diberi izin satu bulan. Malah, bulan Juni 2014 ia pun kembali diundang ke Amerika Serikat.

Main di Star Wars
Kini, kabar gembira datang kembali dimaan ia bersam Kang Yayan Ruhian ikut main di film "Star Wars: The Force Awakens". Keduanya bersama Iko Uwais ikut main di film yang selalu mencetak box office tersebut. Kang Cecep yang berperan sebagai Assassin di The Raid 2, di film "Star Wars" versi teranyar menjadi anggota Kanjiklub yang diketuai oleh Tasu Leech yang diperankan oleh sahabatnya sendiri, Yayan Ruhian. 

Di film "Star Wars: The Force Awakens", Kang Cecep dan kedua rekannya asal Indonesia akan bermain dengan para pemain lama "Star Wars" sekaligus bintang-bintang Hollywood: Mark Hamill, Harrison Ford, , Daisy Ridley, John Boyega, dan Oscar Isaac. Kita bisa menyaksikan aksi Iko Uwais, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman di Star Wars: The Force Awakens yang akan rilis di Indonesia pada 18 Desember.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor